11 DESA IKUTI ASISTENSI PENGISIAN INDEKS INOVASI

MARTAPURA – Guna melibatkan desa dalam lomba inovasi Innovation Goverment Award (IGA) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI. Senin (13/9/2021) pabi, Pemkab Banjar melalui Bappeda Litbang menggelar kegiatan Asstensi Pengisian Indeks Inovasi Daerah yang dibuka Sekretaris Bappeda Litbang Jurji Zaidan didamping Plt Kasubbei Litbang Merilu Rifner dan Kabid Kerjasama Desa dana Kawasan Pedesaan , bertempat di aula Baiman Martapura Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya Jurji, menyampaikan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari surat Kemendagri RI Nomor 002.6/3363/SJ Tanggal 8 juni 2021 terkait Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan innovative Goverment Award (IGA) yang akan dilaksanakan ditahun 2021.

“Indeks Kabupaten Banjar tahun 2020 tadi berada di posisi tidak inovatif, dan kita targetnya ditahun 2021 setidaknya menjadi kabupaten inovatif.  Oeleh karena itu kita mencoba terobosan dalam menaikkan indeks, salah satu upaya tersebut dengan melibatkan desa yang berinovasi,” ujarnya.

Merry turut menambahkan dengan menjelaskan secara singkat bahwa di tahun 2020 jumlah inovasi 17.674 inovasi, termasuk inovasi menanggulangi pandemic covid-19.

Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Hj Galuh Tantri Narindta yang menyempatkan berhadir mengatakan  pemerintah daerah yang dinilai berhasil menerapkan inovasinya dan berdampak signifikan bagi kemajuan daerahnya diberikan penghargaan / award dan insentif sebagai bentuk motivasi dan pengakuan terhadap pelaksanaan inovasi di pemerintah daerah tersebut.

”kita akan cari solusi dengan pembahasan bersama-sama terkait reward bagi desa nantinya khususnya dalam lomba inovasi daerah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Banjar biar sesuai dengan aturan,” pungkasnya

Acara ini dihadiri 11 desa berinovasi yang direkomendasikan DPMD diantaranya Desa Cabi, Desa Berkat Mulia, Desa Tatah Layap, Desa Bunipah, Desa Babibirk, Desa Mandikapau Timur, Desa Lihung, Desa tiwingan, Desa Takuti, Desa Sungai Rangas Tengah, Desa Rantau Bujur, tenaga ahli P3MD serta Pendamping Desa 20 Kecamatan di Kabapaten Banjar. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: