PEMKAB BANJAR HARAPKAN DUKUNGAN PEMPROV KALSEL DALAM PEMBANGUNAN MARTAPURA MANIS

BANJARBARU – Pemerintah kabupaten Banjar melaunching Proyek Strategis Pembangunan Martapura Manis, dengan tujuan dapat meningkatkan ekonomi melalui kebijakan pengembangan perkotaan Martapura sebagai pusat perkumpulan di Kalimantan Selatan. Pada Kamis (23/7) sore kemarin, Pemkab Banjar kembali memperkenalkan Proyek Pembangunan Martapura Manis Kepada Pemprov Kalsel, pengenalan Proyek ini dilakukan oleh Wakil Bupati Kabupaten Banjar Said Idrul Al-Habsyie yang didampingi Sekda Banjar Muhammad Hilman dan Kepala Bappeda Litbang Banjar Galuh Tantri Narindra. Dari Pemprov Kalsel dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA yang didampingi Kepala Bappeda Prov Kalsel Nurul Fajar Desira serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyie menyampaikan, tujuan pembangunan Martapura manis yakni untuk mewujudkan perkotaan Martapura sebagai  pusat kebudayaan dan kawasan wisata religius islami, pembangunan ini perlu adanya kontribusi dari berbagai pihak sehingga pihaknya mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel untuk pembangunan Martapura Manis.

“Dengan adanya pembangunan Martapura Manis maka kawasan tersebut dapat menjadi tempat berkembangnya pembangunan ekonomi melalui potensi religi, serta tetap memperlihatkan kondisi kehidupan masyarakat yang maju, mandiri, dan agamis,” ungkap Said Idrus.

Said Idrus menambahkan, perkotaan Martapura ditetapkan sebagai pusat perdagangan oleh Pemerintah Pusat, yakni pusat perdagangan batu mulia dan pusat religi. Sehingga dengan adanya pengakuan dari Pemerintah Pusat maka kota ini dinilai perlu ditata ulang, sehingga banyak wisatawan yang berdatang ke kota Martapura.

“Dengan banyaknya wisatawan yang berdatangan ke kota Martapura, maka pertumbuhan ekonomi akan mengalami peningkatan,” ungkap Said Idrus.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengungkapkan, Proyek Pembangunan Martapura Manis sangat berbau prestisius, sehingga ia mengharapkan pembangunan ini tidak dijanjikan kepada masyarakat Banjar.

“Saya sudah diperlihatkan Pembangunan Martapura Manis, dan menurut saya ini prestisius, yakni ada sedikit berbau ambisius, tapi jangan dijanjikan kepada masyarakat karena nanti kalau tidak terbangun,” ungkap Safrizal.

Dilanjutkan Safrizal, Proyek strategis pembangunan Martapura Manis harus memperhatikan aspek lingkungan. Dikarenakan proyek ini juga harus memperhatikan penyelesaian Banjir, sehingga Kota Martapura diharapkan tidak akan mendapat musibah banjir kedepannya.

“Dalam pembangunan Martapura Manis, Pemkab Banjar harus mencari cara bagaimana proyek tersebut juga berdampak dengan penyelesaian bencana banjir,” terang Safrizal.

Dilanjutkan Safrizal, pihaknya akan mengkaji lebih lanjut sektor yang menjadi kewenangan Provinsi Kalsel dalam pembangunan Proyek Martapura Manis, sehingga Pemprov Kalsel dapat membantu pembangunan Martapura Manis.

“Saya akan intruksikan kepada Bappeda Provinsi Kalsel dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, serta Dinas Terkait, sektor mana saja yang menjadi kewenangan Provinsi,” tutup Safrizal. (Sumber Link: https://abdipersadafm.co.id/2021/07/23/pemkab-banjar-harapkan-dukungan-pemprov-kalsel-dalam-pembangunan-martapura-manis/)

%d bloggers like this: