RPJMD SUDAH MASUKI RANCANGAN AKHIR

BANJARBARU – Tim Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar bersama tim pendamping Drs. Andy Fefta Wijaya MDA, Ph.D dkk dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang Jawa Timur selama 2 (dua) hari berturut-turut 11-12 Juni 2021,  melakukan  pembahasan terkait rancangan akhir RPJMD yang sudah tersusun bertempat di Hotel Q Dafam, Banjarbaru.

RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan  daerah yang berisi penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah yaitu pasangan Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie.

Diketahui penyusunan RPJMD ini sudah memasuki rancangan akhir (ranhir). walaupun masih ada waktu sampai tiga bulan ke depan. meski begitu, akan terus diupayakan untuk dipercepat penyelesaiannya.

Pada dasarnya regulasi memang mengamanahkan, RPJMD harus sudah selesai paling lambat enam bulan terhitung sejak bupati terpilih dilantik. Walaupun waktu masih ada akan tetapi  pembahasannya tetap harus dilakukan secara teliti dan profesional dan setiap target daerah dokumen dapat selesai tepat pada waktunya bersama Perdanya.

Sejak awal penyusunan, mulai ranwal hingga kini memasuki ranhir dilakukan oleh tim penyusun Pemkab Banjar dengan mendapatkan pendampingan dari tenaga ahli Universitas Brawijaya. Oleh karena itu selama 2 hari rancangan akan terus dibahas dan dikoordinasikan. Tentunya, memantapkan isi dengan visi-misi bupati terpilih.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), penyusunan RPMJD dibatasi enam bulan. Pemkab Banjar melalui Bappeda Litbang yang dinakhodai Tantri, terus berkomitmen untuk menyelesaikannya lebih cepat sehingga percepatan pembangunan di segala sektor sesuai janji politik Bupati terpilih bisa segera terelisiasikan. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: