SEKDA HARAPKAN SEMUA PIHAK TERLIBAT KAWAL SMART CITY

MARTAPURA – Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman Selasa (18/5/2021), didampingi Kepala Bappeda Litbang Hj Galuh Tantri Narindra dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith memimpin sekaligus membuka rapat koordinasi (rakor) teknis Fasilitasi Tinjauan Lapangan Evaluasi Program Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Banjar membahas hal itu di Aula Bauntung Bappeda Litbang, Kota Martapura, Kalimantan Selatan.

Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Hilman mengatakan persiapan evaluasi peninjauan tim smart city akan dilaksanakan akhir Mei 2021.

“Rapat sebagai persiapan tinjauan lapangan dan bimbingan oleh tim pusat yang akan dilaksanakan pada 24-25 Mei mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut diuraikan terkait program kerja dan Quickwin Smart City Kabupaten Banjar yang telah dilaksanakan hingga saat ini serta apa saja yang harus disiapkan menuju Tinjauan Lapangan Program Smart City Kabupaten Banjar tahun 2021.

HM Hilman berharap semua yang terlibat mampu mengawal jalannya proses menuju Smart City dengan baik demi kemajuan Kabupaten Banjar.

Menambahkan Sekda Banjar, Galuh Tantri Narindra menjelaskan bahwa untuk menuju Smart City Kabupaten Banjar ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan diantaranya kesiapan SDM pelaksana dan penanggung jawab program, SDA yang ada di Kabupaten Banjar serta pemahaman dan partisipasi masyarakat Kabupaten Banjar dalam pelaksanaan program Smart City.

“Diharapkan SKPD Teknis pelaksana diminta mempersiapkan bahan program unggulan masing-masing program kerja pada Master Plan Smart City serta setiap penanggung jawab dan anggota pelaksana program kerja Smart City Kabupaten Banjar diharapkan harus memahami secara detail terkait tujuan hingga output dari program Smart City Kabupaten Banjar,” harap Tantri

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith, menerangkan,  evaluasi program Smart City tahun lalu, Kabupaten Banjar memperoleh nilai cukup bagus.

disebutkannya, Kabupaten Banjar berada di peringkat 3 terbaik Nasional dalam gerakan menuju Smart  City periode ketiga.

“Smart City tidak harus melulu soal IT, tetapi peran masyarakat juga penting. Dengan inovasi yang dihasilkan, bisa meningkatkan kenyamanan hidup bernegara, seperti pelayanan sektor publik, ekonomi dan lingkungan,” pungkas Basith.(ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: