SAIDI, KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MERUPAKAN GERAKAN BERSAMA

MARTAPURA – “Pemerintah Kabupaten Banjar telah dan sedang melaksanakan beberapa program seperti diamanatkan pada Undang-Undang Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan,” ungkap Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka sekaligus memberikan sambutannya dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Banjar yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar,  bertempat di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (31/5/2021) pagi.

Menurut Saidi pelaksanaan program telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar secara garis besar tercantum dalam 4 bidang prioritas yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur dan bidang pengembangan ekonomi kerakyatan,

Dijelaskannya pula bahwa percepatan Penanggulangan Kemiskinan tersebut terbagi dalam 3 kelompok yaitu program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan usaha mikro.

Bupati Banjar menyampaikan kebijakan penanggulangan kemiskinan merupakan sebagai gerakan bersama, tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah saja tetapi juga memerlukan keterlibatan semua pihak selaku pemangku kepentingan dalam mendukung kerja sama ini.

Pada kesempatan tersebut Bupati yang dikenal sebagai pengusaha ,tokoh pemuda dan olahraga ini juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang turut membantu membantu pemerintah daerah.

“Saya ucapkan, terima kasih kepada mitra usaha, lembaga swadaya masyarakat, perbankan dan Kementerian Agama Kabupaten Banjar serta organisasi kemasyakataan seperti BAZNAS yang secara tidak langsung membantu Pemerintah dan bersinergi dengan baik dalam hal pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

diharapkannya efektifitas program-program penanggulangan kemiskinan meningkat sehingga tingkat kemiskinan dapat diturunkan sebagai amanat pembangunan nasional.

Selain Bupati Banjar H Saidi Mansyur, rapat tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, para Kepala SKPD dan Direktur Perusahaan Daerah lingkup Kabupaten Banjar.

Acara Rakor tersebut sekaligus dilakukan launching program penanggulangan kemiskinan berbasis aplikasi Sistem Informasi Bersama Pantau Penanggulangan Kemiskinan, Masyakarat Maju, Mandiri dan Agamis (SI BAPAK MANIS). yang diprakarsa Bappeda Litbang Banjar.(ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: