MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT DAN DUNIA USAHA UNTUK RPJMD BAPPEDA GELAR FORUM KONSULTASI PUBLIK

MARTAPURA – Dalam rangka menampung dan penjaringan terhadap aspirasi masyarakat dan dunia usaha untuk penyempurnaan rancangan kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bajar Tahun 2021-2026, melalui bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi,  Badan  Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik secara luring dan daring Selasa (20/04/2021) yang dibuka Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala Bappeda Litbang Hj Galuh Tantri Narindra dan staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM H Masruri,  Bertempat di ruang Bauntung Martapura.

Dalam sambutannya Sekda Banjar HM Hilman menyampaikan RPJMD tahun 2021-2026 yang dilaksanakan pada hari ini merupakan suatu tahapan penting dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah di kabupaten Banjar. Berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, telah mengamanatkan disusunnya dokumen perencanaan yang terintegrasi secara berjangka meliputi rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) untuk jangka waktu 20 tahun, rencana pembangunan jangka menengah daerah  (RPJMD) untuk jangka waktu 5 tahun, dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Tujuan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RPJMD ini adalah untuk mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RPJMD dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) tahun kedepan.

Forum konsultasi publik dilaksanakan untuk menangkap isu-isu strategis terkini yang berpengaruh pada perencanaan pembangunan, terutama input untuk menampung masukan bagi perencanaan pembangunan daerah kabupaten bengkulu selatan yang diperoleh dari stakeholder terkait dengan pendekatan patrisipatif secara bottom up ungkap beliau.

Terakhir Hilman, meminta masukan dan saran dari seluruh peserta yang hadir untuk penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kabupaten Banjar tahun 2021-2026, sehingga RPJMD ini selanjutkan akan dapat berperan besar dalam meraih cita – cita pembangunan daerah Kabupaten Banjar. (ADB/Bappeda Litbang).

%d bloggers like this: