PEMERINTAH PUSAT SERAHKAN KOTAKU 2020 KE KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI menggelar acara serah terima program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2020, di desa Murung Kenanga Martapura, Kabupaten Banjar, Senin(30/11/2020).

Hadir dalam acara Anggota DPR- RI komisi V Rifqynizami Karsayudha. Kepala Balai Pengembangan Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan (BPPW) Dardjat Widjanarso. Anggota DRRD Kalimantan Selatan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Banjar, Mursal.

Anggota DPR- RI komisi V Rifqynizami Karsayudha dalam sambutannya menyampaikan bawa  Program Kotaku merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan

“Nantinya dari program ini kita akan membangun dan membenahi kawasan  yang mendapat bantuan dari Kementerian untuk ditata, dikelola untuk  menjadi kawasan yang jauh dari kesan kumuh kita tingkatkan sanitasi berbasis masyarakat, ciptakan ruang terbuka publik,” ujarnya.

Rifqynizami menambahkan selama 2020 ini telah dibangun septic tank komonal, MCK Biofil, Drainase dan sarana sarana air bersih yang semua dari Program KOTAKU yang mana merupakan bagian dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Banjar Hj Galuh Tantri Narindra yang dalam hal ini mewakili Pemerintah Daerah menyambut baik dan mengapresiasi semua program program yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah .

“Semua ini terwujud merupakan hasil dari diskusi masyarakat. Serta  mendapat dukungan dari pemerintah. Semoga segala program yang ditujukan buat kemajuan pembangunan daerah bisa berhasil dilaksanakan dan bermanfaat buat daerah, serta hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap dia.

Pada akhir acara dilaksanakan penandatanganan prasasti serah terima program Kotaku Tahun 2020 oleh Rifqinizamy Karsayuda, dilanjutkan dengan penyerahan dokumen aspirasi masyarakat oleh perwakilan LKM kepada Rifqinizamy Karsayuda dan ditutup dengan penanaman bibit pohon di sepanjang siring Murung Kenanga.(ADB/MC Kab.Banjar)

%d bloggers like this: