HASIL PENELITIAN, SEKTOR PERDAGANGAN BISA DIJADIKAN UNGGULAN

MARTAPURA – Rabu (16/12/2020), Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengambangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar Seminar Hasil Penelitian “Analisis Sektoral Potensi Pembangunan Daerah Untuk Mendukung Kebijakan Pemerintah
di Kabupaten Banjar” hasil kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Provinsi Kalimantan Selatan.

Dilaksanakan secara virtual melalui video conference Googe Meet, mewakili Kepala Bappedalitbang kegiatan kali ini dibuka Kabid Litbang Data dan Informasi Dr Ridwan Sya’rani dan bertindak sebagai narasumber Dr Tandi Tenri Sompa dkk.

Ridwan, dalam sambutannya menyampaikan harapannya  agar penelitian ini bisa menjadi rekomendasi dalam penyusunan RPJMD  masa periode bupati terpilih guna pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Banjar.

Sementara itu Tenri dkk, dalam paparannya menyebutkan berdasarkan hasil penelitian bahwa ada 3 (tiga) sektor uggulan yaitu perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, penyediaan Akomodasi dan Makan Minum serta pertanian,kehutanan dan perikanan.

Adapun sektor yang mengalami pertumbuhan berdasarkan perubahan proportional (IMG) tertinggi pada saat ini yaitu Informasi dan komunikasi, Jasa Perusahaan, Perdagangan besar dan eceran, Reparasi mobil dan sepeda motor, serta Jasa lainnya.

Lebih lanjut narasumber mengatakan guna peningkatan poetensi daerah maka perlu kebijakan yang dilakukan diantaranya pembangunan infrastruktur, perbaikan kelembagaan, aspek investasi, aspek perluasan pasar, pengembangan ekonomi khusus, dan aspek keberlanjutan.

“Strategi akan kita lakukan dalam pengembangan sektor unggulan yaitu (1) Percepatan penerapan teknologi, investasi dan SDM untuk mengimplementasikan pengembangan ekonomi berbasis pada komoditas Unggulan (2) Peningkatan infrastruktur atau dukungan sarana prasarana yang mampu memperlancar konektivitas antara wilayah dan supply chain pengembangan sektor unggulan (3) Pemerataan dukungan sarana pengembangan ekonomi terutama melalui optimalisasi pemanfaatan potensi SDM (4) Penguatan kebijakan dan penekanan terhadap komoditas unggulan serta reorientasi one village one product sehingga masing-masing wilayah/desa/kecamatan memiliki spesifikasi keunggulan sector.” Jelas Tenri.

Sebagai narasumber dari ULM Tenri, juga menjelaskan mengenai rekomendasi apa saja yang perlu dilakukan dalam rangka peningkatan sektor unggulan di Kabupaten Banjar. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: