GALI POTENSI UNGGULAN DAERAH, BAPPEDALITBANG AMBIL LANGKAH INI

MARTAPURA – Jumat (6/11/2020) melalui bidang Litbang Data dan Informasi.  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan ekspose awal penelitian hasil kerjasama dengan MAPn Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Andi Tentri Soppa,dkk dengan  mengangkat judul “Analisa Sektoral potensi Pembangunan Daerah Untuk Mendukung Kebijakan Pemerintah di Kabupaten Banjar”.

Kegiatan tersebut dipimpin Kabid Litbang Data dan Informasi Ridwan Sya’rani dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi google meet untuk mencegah penyebaran serta melaksanakan protokol covid-19. Adapun bertindak sebagai moderator Kasubbis Litbang Haris Utomo.

Dalam Sambutannya saat membuka rapat, Ridwan sapaan akrab Kabid Litbang Datin mengucapkan terima kasih kepada ULM khususnya MAPn yang mau bekerjasama dengan Kabupaten Banjar dalam rangka  wemujudkan pembangunan   berkualitas di Kabupaten Banjar.

Sementara itu Tentri sebagai tim peneliti dalam penjelasan materinya menyebutkan bahwa kegiatan penelitian ini dilatar belakangi dari pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap ekonomi.

“Pilkada Kabupaten Banjar ditahun 2020 dan RPJMD 2021-2026 serta laju pertumbuhan yang tidak stabil dibeberapa sektor dominan yang berkontribusi terhadap perekonomian yang ada di daerah juga menjadi latar belakang alasan penelitian ini dilaksanakan” Jelas Tentri.

Lebih lanjut Tentri dkk memaparkan pandemi memeberikan dampak destruktif secara ekonomi serta menyebabkan rendahnya investasi sehingga menurunkan daya beli dan tingkat konsumtif dimasyarakat.

“Pandemi telah mengganggu kinerja perusahaan yang berujung pada pemutusan hubungan kerja, oleh karena itu pemerintah daerah perlu mengambil langkah efektif untuk menjaga agar perekonomian tetap stabil”. Ujarnya.

“Pemerintah daerah juga perlu solusi jangka pendek  untuk membantu sektor unggulan supaya bisa memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu analisis sektoral potensi unggulan bisa memberikan memberikan efek domino bagi pertumbuhan sektor-sektor lainnya” pungkas Tentri.

“Semoga dengan penelitian ini bagi daerah dapat menjadi bahan masukan dan bahan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan rumusan kebijakan pemerintah daerah serta memberikan masukan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan membuka potensi daerah secara khusus pada masa pandemi covid-19)” tutup Ridwan

Acara ini dihadiri Kabid Bappedalitbang, Instansi-instansi terkait, dan tim peneliti dari MAPn Universitas Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan.(ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: