TERBENTUKNYA PUSAT PERTUMBUHAN BARU AKAN BERDAMPAK SECARA SIGNIFIKAN TERHADAP PENDAPATAN KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Selasa (27/10/2020), Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melalui bidang Fisik dan Prasarana menggelar kegiatan Rapat Ekspose Laporan Akhir Penyusunan Kajian Pusat Pertumbuhan Dan Wilayah Hinterland Kabupaten Banjar Tahun 2020 bertempat di aula Bauntung Martapura.

Dipimpin Kabid Fisik dan Prasarana M Syuhadak, kegiatan kali ini dihadiri pihak ketiga selaku pembuat dokumen serta beberapa Kepala Dinas lingkup SKPD Kabupaten Banjar terkait.

Pada sambutannya Syuhadak menjelaskan mengenai latar belakang disusunnya kajian ini yaitu Kawasan Hinterland di Kabupaten Banjar sendiri merupakan kawasan yang tumbuh pesat sehingga memerlukan penanganan intensif sehingga dibutuhkan sinkronisasi pemerataan dan sinergi pembangunan kawasan tersebut.

“Kajian Pusat Pertumbuhan dan Wilayah Hinterland  Kabupaten Banjar dalam upaya terselenggaranya perencanaan pembangunan yang efektif dan efisien serta berkelanjutan dengan tujuan untuk mewujudkan perencanaan kawasan hinterland yang berkualitas, serasi, optimal, sesuai dengan fungsi yang diembannya dan sesuai dengan daya dukung lingkungan secara berkelanjutan.” Ujarnya.

Sementara itu dalam paparannya, pihak ketiga memaparkan bahwa ada dua Kawasan Hinterland yakni  hinterland Kota Banjarmasin di Kabupaten Banjar yaitu Kecamatan aluh-Aluh, Tatah Makmur, Kertak Hanyar dan Sungai Tabuk serta Kawasan Hinterland Kota Banjarbaru di Kabupaten Banjar diantaranya Kecamatan Gambut, Beruntung Baru, Sungai Tabuk, Martapura Barat, Martapura, dan Karang Intan.

“Pengaruh pusat pertumbuhan  terhadap hinterland yang merupakan kawasan cepat/berpotensi tumbuh yang membentuk truktur metropolitan dimana pusat permukiman dan pusat  perdagangan dan jasa berkembang  secara cepat dan bersamaan dalam koridor/hamparan yang padat dan kompak.” Jelasnya.

Adapun pemanfaatan ruang yang berbeda antara pusat pertumbuhan dan hinterland menimbulkan tarikan dan Bangkitan perjalanan menuju kearah Pusat pertumbuhan serta Sektor industri dan pergudangan, pelabuhan, perdagangan dan jas berpengaruh besar dalam interaksi kawasan tersebut.

Nantinya dengan terbentuknya pusat pertumbuhan baru akan berdampak secara signifikan terhadap pendapatan Kabupaten Banjar terutama sektor restoran dan hotel. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: