REKONSILIASI UNTUK PENCOCOKKAN DAN PENYAMAAN DATA

MARTAPURA – Sehubungan dengan telah ditetapkannya Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perubahan (DPA-P) Tahun Anggaran 2020 dan telah selesainya penatausahaan keuangan Triwulan III ditahun 2020, Kamis (22/10/2020) pagi, melalui bidang Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan Rapat Koordinasi serta Rekonsiliasi Data Realisasi Keuangan Triwulan III sekaligus Rapat koordinasi  terkait serapan anggaran serta sisa anggaran tahun anggaran 2020 dan pekerjaan belanja LS yang belum terselesaikan bertempat di aula Baiman Martapura dengan tetap menerapkan standar protokol covid-19.

Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Bappedalitbang Jurji Zaidan didampingi Kasubbag Keuangan Laily wardhani dihadiri perwakilan bidang lingkup Bappedalitbang.

Dalam sambutannya Jurji menyampaikan bahwa kegiatan rekonsiliasi ini perlu dilakukan salah satu tujuannya untuk memastikan  adanya persamaan pencatatan atau justru jika ada perbedaan diantara pencatatan Simda dan Kendali Anggaran Bidang maka perlu dilakukan pencocokan data.

“Rekonsiliasi perlu digarap untuk merapikan catatan laporan untuk waktu periode tertentu.” Ujar Jurji.

Jurji mengharapkan bahwa diakhir tahun nanti realisasi keuangan bisa sesuai target yang telah direncanakan walaupun ditengan persoalan pandemi covid-19.

Sementara itu Laily turut menjelaskan bahwa pimpinan Bappedaliitbang menginginkan terget realisasi tahun ini agar lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Kasubbag Keuangan ini, permasalahan masih belum terserapnya anggaran disebagian bidang adalah kegiatan kontrak dengan pihak ketiga, akan tetapi hal tersebut dikarenakan belum terselesaikannya pekerjaan dan biasanya pekerjaan selesai mendekati akhir tahun sehingga pencairan diperkirakan rata-rata dibulan Nopember.

“Diharapkan semua kontrak cepat selesai karena periode anggaran akan berakhir ditanggal 23 Desember 2020.” tegasnya Acara diisi dengan evaluasi realiasi serta diskusi  tanya jawab terkait kendala dan permasalahan yang ada disetiap bidang. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: