OPTIMALKAN KUANTITAS PARIWISATA, KABUPATEN BANJAR SUSUN RIPDA

MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar Kamis (22/10/2020), melalui bidang Perekonomian menggelar kegiatan rapat dengan agenda Penyampaian Laporan Pendahuluan Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPDA) Kabupeten Banjar hasil kerjasama Bappedalitbang dengan CV. WAIGAMA KONSULTAN.

Dipimpin langsung Kepala Bappedalitbang Dr. Hj Galuh Tantri Narindra, disampaikan kegiatan penyusunan dokumen ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya segi kuantitas, kualitas dan menejemen pengelolaan objek-objek wisata.

“Selain itu juga karena telah habis berlakunya RIPDA Kabupaten Banjar ditahun 2019 serta perlunya dokumen tersebut sebagai dasar hukum dan pedoman dalam pengembangan dan pembangunan destinasi wisata di Kabupaten Banjar” Ujarnya.

Adapun narasumber dari CV WAIGAMA KONSULTAN dalam paparannya menjelaskan bahwa dokumen yang nantinya dihasilkan dapat menjadi acuan bagi stake holder’s kepariwisataan ditambah dapat memberikan gambaran secara menyeluruh destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Banjar.

“Penyusunan RIPDA pada tahap ini berlokasi di wilayah Kabupaten Banjar dengan lokus destinasi wisata di Kecamatan Martapura, Kecamatan Martapura Timur dan Kecamatan Martapura Barat.” Jelas salah satu narasumber.

Dengan penyusunan ini diharapkan  dapat mengarahkan pengembangan jalannya pariwisata serta dapat mewujudkan pemanfaatan ruang secara efektif, tepat guna, spesifik setempat dan kongkrit sesuai dengan tata ruang. Kegiatan ini dihadiri Bappedalitbang dan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, serta perwakilan CV WAIGAMA KONSULTAN. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: