BAPPEDALITBANG KEMBALI GELAR UJI PUBLIK II KEGIATAN PENYUSUNAN KLHS RPJMD

MARTAPURA – Sehubungan dengan Kegiatan Penyusunan KLHS RPJMD. Melalui bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar Senin (26/10/2020) pagi, melaksanakan Uji Publik II Kegiatan Penyusunan KLHS RPJMD bertempat di aula Barakat Martapura.

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala Bappedalitbang Hj Galuh Tantri Narindra dengan narasumber tim ahli yaitu Prof H Gusti Muhammad Hatta dkk serta dihadiri Bappedalitbang, SKPD dan stake holder’s terkait secara virtual melalui aplikasi zoom cloud meeting

HM Hilman  dalam sambutannya menyampaikan bahwa  KLHS   RPJMD   menjadi   pertimbangan   dalam   perumusan   kebijakan   rencana pembangunan daerah dalam RPJMD Kabupaten Banjar 2021-2024.

“Harapannya dari kegiatan yang dilaksanakan dihari ini dapat masukan-masukan agar KLHS yang disusun benar-benar dapat jadi penunjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang nantinya akan disusun untuk pembangunan berkelanjutan.” Ujarnya.

‘Dengan Uji Publik ini kita bisa saling berdiskusi secara bersama-sama untuk mencari solusi yang terbaik guna pembangunan Kabupaten Banjar.” Tambahnya.

Senada dengan Sekda Galuh Tantri Narindra juga berharap agar KLHS yang disusun ini bisa menjadi acuan RPJMD yang natinya akan disusun ditahun 2021.

Sementara itu Hatta mengungkapkan KLHS terus digunakan untuk menyiapkan alternatif penyempurnaan kebijakan agar dampak atau resiko lingkungan yang tidak diharapkan dapat diminimalkan.

H Syarifuddin Kadir selaku tim ahli dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Banjar menjadi Kabupaten/Kota pertama di Kalimantan Selatan yang menyusun  KLHS RPJMD.

“KLHS disusun dengan merujuk pada kaidah pembangunan lingkungan hidup agar tercipta pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Banjar” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Tim Ahli memaparkan capaian proses penyusunan yang telah dilakukan, serta menjawab pertanyaan dari sesi diskusi dan tanya jawab disela uji publik guna menjaring masukan dari audien yang berhadir. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: