ATASI PERMASALAHAN AIR MINUM MASYARAKAT KABUPATEN BANJAR SUSUN DOKUMEN RAD AMPL

MARTAPURA – Dalam rangka peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia di Kabupaten Banjar diperlukan sebuah penyusunan perencanaan pengembangan pembangunan infrastruktur agar perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dapat berjalan efektif dan efisien untuk mewujudkan kabupaten Banjar yang berkualitas, serasi dan optimal.

Melalui  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) disusunlah Dokumen RAD AMPL Kabupaten Banjar.

Berdasarkan kegiatan penyusunan tersebut Senin (12/10/2020), Bappedalitbang menggelar kegiatan Laporan Antara dihadiri  instansi dan unsur terkait serta narasumber tim kosultan perencana.

Dibuka Kabid Fisik dan Prasarana M Syuhadak, dijelaskan bahwa perencanaan kebutuhan infrastruktur Kabupaten Banjar merupakan salah satu substansi dalam RPJMD Kabupaten Banjar 2021-2024 dalam penyusunan Rencana Teknokratis RPJMD Kabupaten Banjar Tahun 2021 -2024.

“Sasaran kegiatan ini adalah tersedianya dokumen penyusunan perencanaan pengembangan pembangunan infrastruktur kabupaten Banjar, tersedianya data-data kebutuhan infrastruktur Kabupaten Banjar baik eksisting atau rencana serta analisis pengembangan infrastruktur Kabupaten Banjar ke depan, tersedianya data shopping list kebutuhan infrastruktur selama 5 tahun ke depan.” Ujarnya.

Adapun Tim Konsultan Perencana dalam paparannya menjelaskan lingkup kegiatan dari penyusunan yaitu meliputi koordinasi dan penyiapan data awal, survey sekunder dan primer, penyusunan perencanaan pengembangan pembangunan infrastruktur, dan penyusunan data shopping list kebutuhan infrastruktur selama 5 tahun.

Dalam laporan antaranya Tim konsultan juga menjelaskan mengenai kondisi eksisting di Kabupaten Banjar, selain itu juga dipaparkan data sekunder terkait infrastruktur wilayah (trasportasi, air bersih, sanitasi, perhubungan, perumahan dan telekomunikasi). (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: