SIAPKAN FORM ISIAN SATU WASAKA AWARD, BAPPEDALITBANG BANJAR LAKUKAN INI

MARTAPURA – Badan Pertencanaan  Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melalui bidang Fisik dan Prasaran Rabu (16/9/2020) pagi, beretempat di aula Bauntung Martapura menggelar kegiatan Rapat Penilaian Satu Wasaka Award dipimpin M Syuhadak selaku Kabid Fisik dan Prasarana.

Dalam sambutannya Syuhadak menyampaikan bahwa kegiatan rapat ini merupakan persiapan penyampaian Form isian Satu Wasaka Award di Kabupaten Banjar di dasarkan pada pelaksanaan paket Kebijakan penuntasan Akses dan Air Minum menyeluruh dan berkelanjutan.

“Kabupaten Banjar merupakan sebagai salah satu 3 Kabupaten yang terpilih  dalam Satu Wasaka Award di Provinsi Kalimantan Selatan”. Ujarnya.

Adapun terpilihnya Kabupaten Banjar tersebut didasari atas (a) Penyelenggaraan “Satu WASAKA Award” terhadap Kinerja dan Inovasi Pembangunan Sanitasi dan Air Minum (b) Pemberian Insentif melalui Bantuan Keuangan Provinsi Kepada Kabupaten/Kota dalam Bentuk Barang/Jasa yang mengupayakan Percepatan Penuntasan Akses Sanitasi & Air Minum (c) Optimalisasi Pendanaan Sanitasi dan Air Minum melalui partisipasi Swasta, Lembaga Keagamaan dan Masyarakat, dan (d) Peningkatan Informasi, Koordinasi dan Sinergi Pembangunan Sanitasi & Air Minum yang dipimpin langsung oleh Kepala Daerah.

Pada rapat ini peserta yang terdiri dari beberapa instansi terkait membahas mengenai pengisian Form yang disiapankan terkait dengan kriteria indikator, selain itu juga membahas  menganai Gambaran Umum Umum Kabupaten/Kota, Kondisi Eksisting Sanitasi dan Air Minum (Capaian akses dan Gap, Infrastruktur, Regulasi, Kelembagaan, Pendanaan), Permasalahan Sanitasi dan Air Minum, Kebijakan dan Strategi yang dilakukan Kab./Kota dalam peningkatan akses Sanitasi dan Air Minum serta Inovasi Kabupaten/Kota dalam Peningkatan Akses Sanitasi dan Air Minum.

Rapat ini diikuti Bappeda Litbang, Dinas PUPR Bidang Cipta Karya dan SDA, Dinas Kesehatan danDinas Lingkungan Hidup. (ADB/Bappedalitbang)

%d bloggers like this: