BAPPEDA LITBANG BANJAR SOSIALISASIKAN SIMONDALEV KESELURUH BIDANG

MARTAPURA, Senin (21/9/2020), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang)  melalui Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi (PPE) melaksanakan Sosialisasi Penginputan Sistem Monitoring Pengendalian dan Evaluasi atau Simondalev untuk lingkup Bappeda Litbang di aula Baiman Martapura secara tatap muka sesuai standar protokol covid-19 serta melalui video conference  menggunakan aplikasi zoom untuk membatasi peserta.

Adapun narasumber dan instruktur acara ini adalah operator Simondalev Bappeda Loitbang Eka Aprilia didampingi Slamet Ariyanto..

Dalam penjelasannya narasumber memaparkan isian entryan dalam menu tersebut terdapat menu periode, tahun, dan  Tahap. Misalkan ingin melakukan  perbaikan pada data ROPK fisik dapat melakukan klik pada aktivitas di ROPK fisiknya dan akan langsung muncul form edit ROPK, atau juga bisa menghapus aktivitas jika diperlukan.

“Aplikasi Simondalev juga terdapat menu form progres. Di dalam menu ini kita bisa menjelaskan faktor-faktor penghambat target tidak tercapai, dan juga terdapat faktor pendukung yang dimana kita dapat menjelaskan alasan faktor-faktor yang mendukung target tercapai”. Ujar Eka.

Lebih lanjut Eka juga menjelaskan bahwa dalam aplikasi ini juga terdapat menu E-Raport yang berfungsi sebagai penilai hasil terget dan kinerja.

“Pada E-Raport terdapat  menu administrator dan sub menu kriteria yang memiliki 6 kategori yaitu perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, capaian, evaluasi, dan khusus. Masing-masing kriteria memiliki sub kriteria”. Tambahnya.

Acara ini dihadiri masing-masing 2 (dua) perwakilan bidang dengan praktek pengisian secara langsung dengan harapan setelah acara ini berlangsung para peserta akan mudah memahami tata cara penginputannya. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: