TANTRI PIMPIN LANGSUNG RAPAT KOORDINASI PROGRAM PAMSIMAS KABUPATEN BANJAR TAHUN 2020

MARTAPURA –  Kamis (18/06/2020), Bappeda Litbang Kabupaten Banjar melalui bidang fisik dan prasarana menggelar rapat Video teleconference Koordinasi Program Pamsimas Kabupaten Banjar Tahun 2020 dipimpin langsung Kepala Bappeda Litbang Hj Galuh Tantri Narindra.

Menggunakan fasilitas aplikasi zoom kegiatan ini dihadiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya Bappeda Litbang, PUPR, Disperkim, DPMD, Dinkes, serta fasilisator Pamsimas Kabupaten Banjar dengan agenda rapat penyampaian Status Progres Pelaksanaan Desa-desa terdanai di tahun 2020, status Keberfungsian sampai dengan Maret 2020,  penyampaian permasalahan untuk desa pasca-pasca,  serta penyampaian potensi yang di usulkan untuk desa Pamsimas Tahun 2021.

Dalam sambutannya Tantri mengatakan ada kegiatan kegiatan yang harusnya kita laksanakan on scedule dengan adanya wabah ini mengalami delay sebentar, perlu kejelasan apa saja yang menjadi target agar bisa dikerjakan, terkait program Pamsimas hitungan untuk air bersih menyumbang cukup banyak untuk target target capaian yang terlayani di Kabupaten Banjar.

Menurut Tantri program Pamsimas perlu didiskusikan dulu dari desa desa yang baru hampir semuanya approve akan tetapi disesuaikan dengan mekanisme yang berlaku untuk penentuan desa desa yang mendapat program Pamsimas

:Apabila memang harus dianggarkan sesuai kemampuan pemerintah daerah sesuai dengan program prioritas yang ada di Kabupaten Banjar maka kita siap mengalokasikan akan tetapi semua proses dan mekanisme agar bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur ketentuan yang berlaku.” Ujarnya.

“Saya berharap target RPJMD untuk penanganan jumlah masyarakat yang terlayani air bersih agar tetap disesuaikan kalau dengan adanya rasionalisai dan hal lainnya bagaimana kita mentreatment atau mencari source dari sumber sumber lain tidak harus dari APBD bisa dari APBN, PAMSIMAS, atau dari SWASTA.”Harap Tantri.

M Syuhadak selaku Kabid Fisik dan Prasana juga turut menambahkan bahwa terkait arahan bagaimana penganggaran di tahun 2021 perlu mengingatkan, minggu pertama atau minggu ke dua bulan Juli kita sudah harus menyampaikan pagu anggaran dalam pembahasan KUA PPAS ke DPRD jadi tolong dipersiapkan dengan baik berapa sebenarnya kebutuhan dari penganggaran untuk program pamsimas apabila program ini memang dilanjutkan.

“Perlu ada laporan berapa target capaian untuk air bersih, masih sesuaikah targetnya dengan kondisi saat ini atau prediksi di 2020 kita tidak bisa mencapai perlu dimunculkan nantinya di dalam laporan,” Jelas Syuhadak.

Sementara itu dari hasil diskusi tanya jawab rapat Dinas PUPR menyebutkan bahwa ditahun 2020 untuk kegiatan dari dana DAK  dan kegatan Pamsimas sendiri masih menunggu konfirmasi dari kementerian kemaren sudah disampaikan bahwa usulan bulan yang tadinya di pending ini kita teruskan kembali sesuai dengan usulan awal mudah mudahan bisa diterima sepenuhnya sehingga akan menambah kegiatan kita di 2020. Dan untuk target RPJMD di tahun 2020 kemungkinan tidak tercapai mengingat adanya pemangkasan anggaran dari beberapa kegiatan yang ada di DPUPR karena adanya wabah covid-19.

Tidak hanya Dinas PUPR beberapa  dinas lainnya juga memberikan penjelasan beragam terkait Pamsimas sesuai dengan  bidangnya. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: