AGAR LEBIH MEMAHAMI SIMONDALEV, BAPPEDA LITBANG GELAR BIMTEK

MARTAPURA, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang)  melalui Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi (PPE) Selasa (02/05), melaksanakan Bimtek aplikasi Monitoring Pengendalian dan Evaluasi (Simondalev) untuk Bappeda Litbang secara virtual melalui video conference yang dipimpin oleh Kabid PPE Nashrullah Shadiq.

Hadir sebagai narasumber dari ATSOFT Consultant Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari agenda sebelumnya yaitu Bimtek SKPD.

Nasrullah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan agar Bappeda Litbang yang merupakan verifikator SKPD dapat lebih mendalami dan memahami tata cara penggunaan Simondalev.

Narasumber dari ATSOFT Consultant Yogyakarta  menjelaskan bahwa beberapa hal yang menjadi pokok utama pembahasan yaitu menu ROPK SKPD. Di dalam menu tersebut terdapat menu periode, tahun, dan  Tahap. Misalkan ingin melakukan  perbaikan pada data ROPK fisik dapat melakukan klik pada aktivitas di ROPK fisiknya dan akan langsung muncul form edit ROPK, atau juga bisa menghapus aktivitas jika diperlukan.

Pada aplikasi Simondalev juga terdapat menu form progres. Di dalam menu ini kita bisa menjelaskan faktor-faktor penghambat target tidak tercapai, dan juga terdapat faktor pendukung yang dimana kita dapat menjelaskan alasan faktor-faktor yang mendukung target tercapai.

Selain itu juga terdapat menu E-Raport yang berfungsi sebagai penilai hasil terget dan kinerja. Pada E-Raport terdapat  menu administrator dan sub menu kriteria yang memiliki 6 kategori yaitu perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, capaian, evaluasi, dan khusus. Masing-masing kriteria memiliki sub kriteria. Misalnya saja pada kriteria evaluasi terdapat sub kriteria  yaitu nilai AKIP, hasil pemeriksaan, dan tindaklanjut hasil pemeriksaan. Untuk pengevaluator pada kriteria evaluasi nantinya akan ditentukan oleh Bappeda sesuai dengan tugasnya. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: