SAIDI, MASYARAKAT MISKIN YANG TERDAMPAK LANGSUNG COVID -19 JADI PERHATIAN SERIUS

MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Banjar H Saidi Mansyur, Rabu (15/04) membuka sekaligus memimpin rapat koordinasi TKPKD diaula Baiman Martapura.

Dihadiri tim TKPKD rakor ini mengagendakan koordinasi serta evaluasi program terhadap penanganan Covid-19 yang ada di Kabupaten Banjar serta membahas beberapa hal penting lainnya terkait kemiskinan di Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya Saidi menyampaikan bahwa pandemi wabah Covid-19 menjadi perhatian serius pemerintah daerah, khususnya masyarakat miskin yang terdampak langsung.

Selain itu Wakil Bupati Banjar meminta kepada SKPD teknis yang terkait langsung dengan penanganan untuk menyampaikan langsung informasinya.

Dari hasil diskusi tanya jawab, Dinas Kesehatan Kab Banjar menyampaikan mengenai penanganan covid-19 didaerah diantaranya jumlah  pasien, serta kesiapan sarana dan prasarana terutama ketersediaan APD untuk tenaga medis yang berada di garda terdepan.

Sedangkan Dinas Sosial juga menyampaikan mengenai data angka  masyarakat miskin sesuai Kemensos dan dan angka hasil pendataan dari Dinsos (melibatkan tagana) mengenai masyarakat miskin yang terdampak covid tapi tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sebagai lead sektor perencanaan,  Bappeda Litbang juga turut memaparkan terkait persiapan dan pergeseran anggaran yang akan dilakukan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Banjar.

Berdasarkan hasil dan kesepakatan rapat bahwa perlu koordinasi antara Dinsos, Dinas Ketapang, DPMD dan Kelurahan terkait penanganan Covid-19.

Selain itu mengenai kebijakan masyarakat yang terdampak khususnya masyarakat miskin terus berubah dan bersifat dinamis sehingga perlu kecepatan dan kecekatan serta ketepatan dalam bertindak agar efektif namun sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan koorfinasi dan kerjasama yang intensif antar lintas sektor.(ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: