BERSAMA PIHAK TERKAIT, PEMKAB BANJAR KOORDINASIKAN PENANGANAN MASYARAKAT MISKIN TERDAMPAK COVID-19

MARTAPURA – Sekretaris Daerah Kabupaten  Banjar H M Hilman, Kamis (02/04) pagi.  didampingi Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra membuka sekaligus memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 bertempat di Aula Bauntung Martapura.

Dari diskusi tanya jawab rapat yang mengagendakan koordinasi persiapan data masyarakat miskin yang terdampak covid-19 ini, Tim Gugus Tugas Covid -19 Kab Banjar meminta kepada Dinas Sosial untuk menyampaikan informasi berupa data orang miskin, rencana program/kegiatan apa yang akan dilaksanakan terkait masyarakat yang terdampak.

Selain itu Tim Gugus Tugas juga menanyakan terkait prosedur dan mekanisme yang harus disiapkan daerah agar dapat memanfaatkan atau meminta Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Menjawab hal tersebut dinas sosial memberikan jawaban bahwa pengunaan CBP untuk penanganan Covid-19 bagi warga miskin dan tidak mampu yang terdata pada DTKS Non Penerima Program Sembako berdasarkan Surat Edaran Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2020 perihal penggunaan cadangan beras pemerintah untuk diberikan bantuan sosial bagi masyarakat miskin yang terdampak covid-19 sesuai Permensos No. 22 Tahun 2019 tanggal 6 Desember 2019 tentang presedur dan mekanisme penyaluran cadangan beras pemerintah untuk penanggulangan keadaan darurat bencana dan kerawanan pangan pasca bencana.  Dinas Sosial akan segera membuat surat kepada Gubernur Kalimantan Selatan tentang permohonan penggunakan CBP untuk penanganan  Covid-19.

Adapun terkait penyaluran bantuan CBPnya  dari Gudang Perum Bulog kelokasi bencana daerah  yang operasionalnya menjadi tanggung jawab pemerintah yang menetapkan status siaga bencana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Banjar,  Dinsos segera membuat telaah staf ke TAPD Kabupaten Banjar perihal anggaran biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan penyaluran CBP.

Rapat ini dihadiri  Tim Gugus Covid-19, Dinas Sosial dan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (bappeda Litbang) Kabupaten Banjar.(ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: