PERBAIKI TATA KELOLA KEARSIPAN, BAPPEDA LITBANG LAKSANAKAN INI

MARTAPURA – Sebagai salah satu dari 5 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) yang akan menjadi percontohan kearsipan di Kabupaten Banjar, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kab Banjar  Kamis (19/03/2020) pagi, menggelar pelatihan  kearsipan menggunakan   cara alih media berbasis aplikasi yakni, Simanis (Sistem Informasi Manajeman Kearsipan Dinamis) bertempat di ruang perencanaan , Martapura.

Acara dibuka Kasubbag Umum dan Kepegawaian  Muhammad Fahriady, dihadiri para petugas kearsipan yang telah ditunjuk oleh bidang Bappeda Litbang.

Menurut pria yang akrab disapa Fahriadi ini, maksud dari dilaksanakannya pelatihan kearsipan tersebut agar kearsipan yang ada disetiap bidang dalam lingkup Bappeda Litbang bisa terkelola dengan baik, menjadi lebih tertib serta teratur.

“Kepala Bappeda Litbang mengharapkan agar tata kelola kearsipan ditempat kita bisa lebih baik, apalagi kita sudah mendapatkan sertipikat ISO 9001 sehingga hal tersebut sangat menunjang untuk kearsipan baik yang aktif maupun tidak aktif.” Ujarnya.

Diketahui Simanis merupakan aplikasi berbasis offline digunakan di seluruh SOPD, Kecamatan, Kelurahan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banjar, untuk sementara diujicobakan kepada lima OPD.  aplikasi ini lebih sederhana dan lebih mudah digunakan bagi petugas kearsipan dengan mengkategorikan setiap arsip yang diinput secara otomatis sesuai dengan tingkat kerahasiaannya dan berapa lama harus disimpan, Untuk mendukung kegiatan tersebut Bappeda Litbang mengundang instruktur pelatihan M Syarif, dari Dinas Perpustakaan Kearsian Kabupaten Banjar. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: