DUBES INDIA JAJAKI KERJASAMA DENGAN KABUPATEN BANJAR DISEKTOR PEREKONOMIAN

MARTAPURA – Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kabupaten Banjar, serta melihat langsung potensi yang ada dan dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama pekonomian dan perdagangan terutama di bidang budaya dan hasil sumber daya alam.  Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, menjelaskan maksud kunjungannya kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman saat melakukan lawatan kunjungannya Rabu (11/03/2020) di rumah dinas Bupati Banjar, Martapura.

Kedatangan Pradeep, sekaligus membahas rencana kerjasama antara pemerintah india dengan pemkab Banjar diantaranya kerjasama pengolahan intan dan pengembangan skill serta sumber daya manusianya.

Menjawab keingintahuan Dubes India akan potensi di Kab Banjar, Bupati Banjar akrab disapa Guru Khalil, menjelaskan bahwa daerahnya memiliki pusat pertokoan batu permata terbesar di Asia Tenggara yaitu Pertokoan Cahaya Bumi Selamat atau CBS.

“Tempat inilah yang biasanya dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara untuk mencari cinderamata atau oleh-oleh khas Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Sementara itu dari penuturan Pradeep,  kedepannya dia menginginkan pemerintah India dapat melakukan investasi pembangunan Kabupaten Banjar. Menurutnya secara geografis struktur tanah dan cuaca Kabupaten Banjar sangat mirip dengan India

Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra,  yang turut mendampingi Bupati Banjar menambahkan bahwa pemerintah daerah nantinya akan mengkaji sejauh mana kerjasama ini akan berjalan.

“Dengan usulan Dubes India tentang kerjasama training program, diharapkan para ASN ataupun profesional bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan skill mereka, sehingga untuk Kabupaten Banjar akan lebih baik dengan kerjasama yang ditawarkan,” Pungkas wanita karier yang akrab disapa Tantri ini. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: