PENTINGNYA FORUM KABUPATEN SEHAT DALAM MEWUJUDKAN POLA HIDUP SEHAT DIMASYARAKAT

MARTAPURA – Bidang Sosial, Budaya dan SDM Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar Kamis (21/02/2020), kembali menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat,  dengan agenda evaluasi penyelenggaraan tahun 2019 dan keberlanjutan penyelenggaraan tahun 2020 untuk mencapai penghargaan Wistara tahun 2021 bertempat di aula Bauntung, Martapura.

Rapat dipimpin langsung oleh Ibu Wakil Bupati Hj Nur Gita Tyas Saidi Mansyur, selaku Wakil Ketua 1 PKK Kabupaten Banjar didampingi Kepala Bidang Sosbud dan SDM Anna Rosida Santi.

Nur Gita Tyas,  dalam sambutannya menekankan pentingnya peranan forum kabupaten sehat, forum kecamatan sehat dan pokja kelurahan/desa sehat dalam mewujudkan pola hidup sehat di masyarakat karena berperan sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah kabupaten.

“Kepada SKPD diharapkan lebih aktif dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat dan terbuka terhadap kritik/masukan yang diberikan masyarakat baik itu permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan ataupun lainnya” ujarnya.

Untuk diketahui pada tahun 2019-2020, Kabupaten Banjar mencoba kembali meraih penghargaan Kabupaten Sehat dengan tingkatan paling tertinggi yakni Swasti Saba Wistara, dikarenakan jika dilihat dari point-point penilaian di indikator tatanan, Kabupaten Banjar sudah cukup memenuhi syarat. Adapun tatanan yang akan diikuti yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum (2017); Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Ketahanan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri (2017); Kehidupan Sosial Yang Sehat.

“Untuk itu data-data yang dibutuhkan agar dapat segeran di kumpulkan di Sekretariat Pembina Kabupaten Banjar” tegas Anna.

Adapun Kabupaten Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Acara dihadiri Tim Pembina, Pokja Kabupaten Kota Sehat dan forum kabupaten sehat Kabupaten Banjar. (ADB/Bappeda Libang)

%d bloggers like this: