KEJAR TARGET, JAMBAN TERAPUNG KEMBALI DIBONGKAR

MARTAPURA – Pembongkar jamban terapung di tahun 2020 kembali dimulai di Desa Tambak Baru, Kecamatan Martapura, Rabu (5/2).

“Kegiatan hari ini sebagai keberlanjutan program penghapusan 1000 jamban apung agar sanitasi masyarakat semakin baik,” ucap Bupati Banjar saat memberikan sambutan dalam acara Kick Off Pembongkaran Jamban Terapung.

Dalam waktu dekat ini, sebanyak 302 buah jamban di 22 Desa dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Tabuk, Martapura Barat, Martapura Timur, Martapura Kota, dan Kecamatan Astambul.

Dalam perjalanannya program ini, kata bupati, kendala paling besar adalah kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk berprilaku hidup sehat.

Untuk diketahui, tujuan penghapusan jamban terapung supaya kualitas air di sungai Martapura membaik, dengan tidak lagi membuang air besar di sungai.

Sekda Banjar selaku Plt Dinas PUPR H Mokhamad Hilman menjelaskan, penghapusan jamban terapung ditargetkan selesai Januari 2021 dengan total 1.341 unit jamban yang dihapus.

“Mudah-mudahan di awal Januari 2021 sebanyak 1.341 unit jamban terapung dapat kita hapuskan sebagai program berkelanjutan,” tuturnya.

Jamban terapung yang dihapus tersebut sekaligus digantikan dengan pembangunan sanitasi antiseptik individu yang standar.

Sementara itu inisiator penghapusan jamban terapung Srikandi Sungai Galuh Tantri Narindra, di media sosialnya mengucapkan terima kasih kepada tim yang ada di dinas PUPR   yang masih melanjutkan program tersebut.

Diketahui Tantri merupakan pelopor dari kegiatan tersebut melalui inovasi “Om Toilet Om” sewaktu masih menjabat sebagai kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Banjar.

“Bappeda litbang tentunya akan terus mensupport kegiatan tersebut, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat” harap tantri dihalaman Instagramnya.

Selain melakukan penghapusan jamban apung, Bupati Banjar H Khalilurrahman juga menyerahkan 2 unit Kedoteng (Kereta Sedot Lumpur Tangki Septik) dan STS (Septege Transfer Station/Bak Penampung Lumpur Tangki Septik Sementara) kepada 2 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tambak Baru dan Murung Kenanga serta meresmikan secara langsung Penyediaan AIR Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).(ADB/MCB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: