BERSAMA SKPD TERKAIT, BEPPEDA LITBANG GELAR RAPAT PERSIAPAN PENILAIAN ANUGERAH PARAHITA EKAPRAYA

MARTAPURA – Selasa (18/2/2020), di ruang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar dilaksanakan Rapat Persiapan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Dipimpin langsung oleh Kepala Bappedalitbang Dr Hj Galuh Tantri Narindra sebagai Ketua Pokja Pengurustamaan Gender di Kabupaten Banjar, rapat ini  mengagendakan pembahasan serta evaluasi terhadap ketersediaan data dukung indikator APE, SKPD mana saja yang terlibat, serta dukungan anggaran dan penetan lokus penilaian.

Tantri menjelaskan Anugerah Parahita Ekapraya sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Pengurustamaan Gender atau yang disingkat (PUG) merupakan strategi dalam mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan  dan evaluasi seluruh kebijakan , program dan kegiatan pembangunan” ujarnya.

Diketahui Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari 7 (Tujuh) Komponen kunci,terdiri diantaranya Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, Partisipasi Masyarakat.

Dari hasil rapat yang melibatkan Bappedalitbang, DP2KBP3A, Inspektorat, serta BPKAD yang berperan sebagai driver PUG ini masih ada beberapa indikator yang masih belum terpenuhi, oleh karena itu ditargetkan dalam waktu satu satu minggu setelah pelaksanaan rapat semua data yang ada telah disusun kedalam format yang telah ditentukan.

Berdasarkan kesepakatan maka akan dilaksanakan kembali rapat  evaluasi  terkait pengumpulan data indikator APE tersebut.

“Diharapkan ada sinergi antara semua SKPD yang terlibat agar pengurustamaan gender di Kabupaten Banjar dapat segera  terwujud” tutup Kepala Bappeda Litbang (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: