FORUM MUSRENBANG SEBAGAI WADAH PENYATUAN PANDANGAN PERENCANAAN

MARTAPURA – Tahun 2021  Pemerintah Kabupaten Banjar mengangkat 4 prioritas pembangunan prioritas-prioritas diantaranya  Pemerataan  Kualitas Layanan Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat peningkatan,  Peningkatan Insfrastruktur serta Pelestarian Lingkungan, Pertumbuhan Ekonomi melalui sektor pariwisata, pertanian dan perikanan, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Dan Pelayanan Publik.

“Penetapan   4   prioritas   tersebut   merupakan   bagian strategi  Pemerintah  Kabupaten  Banjar untuk menjawab permasalahan yang didapatkan dari hasil evaluasi RKPD Tahun 2019 serta dengan memperhatikan prioritas nasional dan prioritas provinsi Kalsel Tahun 2021” kata Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Safrin Noor membacakan sambutan Bupati Banjar saat membuka acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Beruntung Baru Rabu (29/01/2019) di aula serbaguna Kecamatan Beruntung Baru.

“Sehubungan penyelenggaraan Dana Desa dan ADD dan sesuai Peraturan Bupati Banjar Nomor 15 Tahun 2018 tentang Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Skala Lokal Desa, maka diingatkan kembali bahwa Desa harus mempedomani Peraturan Bupati ini guna pelaksanaan pembangunan di desa, khususnya dalam penggunaan Dana Desa dan ADD, selain itu dalam rangka sinkronisasi penyelenggaraan pembangunan mulai dari tingkat desa diperlukan adanya kesatuan pandang terhadap program prioritas yang perlu dilaksanakan. Oleh karenanya forum ini sekaligus diharapkan menjadi wadah penyatuan pandangan perencanaan mulai dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan sampai Kabupaten” ujar Safrin.

Safrin mengharapkan agar pelaksanaan musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan kecamatan. Seluruh peserta harus bisa menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran 2019 yang akan datang.

Sementara itu Camat Beruntung Baru Agus Muslim, menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh peserta dan narasumber yang berkesempatan hadir dalam acara Musrenbang Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan didaerahnya.

“Kepada yang hadir untuk dapat memberikan saran dan masukan yang konstruktif sehingga hasil Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan kami dapat selaras dan sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Banjar” pungkas Agus.

Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2019. pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN.

Acara ini dihadiri Forkopimcamn Beruntung Baru, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan dan para pambakal se Kecamatan Gambut, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: