UPAYA DUA TAHUN AKHIRNYA MEMBUAHKAN HASIL

JAKARTA – Upaya Pemerintah Kabupaten Banjar selama dua tahun terakhir tidak sia-sia dan membuahkan hasil dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS), sejalan dengan salah satu misi Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yakni meningkatkan kualitas kesehatan dengan diapresiaisinya oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Kesehatan.

Sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005, Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, Kabupaten Banjar berhasil meraih anugrah penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dengan predikat Swasti Saba Padapa.

Anugrah penghargaan tersebut diserahkan oleh Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota, serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat.

Dengan menganakan baju khas pakaian adat Banjar berwarna putih lengkap dengan peci hijau Bupati Banjar H Khalilurrahman menerima secara simbolis penghargaan tersebut di ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019) pagi.

Menkes pada sambutannya berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan penghargaan KKS ini merupakan apresiasi Pemerintah Pusat kepada daerah yang menyelenggarakan Kabupaten maupun Kota yang sehat.

“Baik dari kebersihannya, kenyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar juga menyampaikan melalui penghargaan yang telah diterima tersebut, yakni dengan predikat KKS Swasti Saba Padapa dapat memacu masyarakat hidup lebih sehat.

“Semoga melalui penghargaan ini, memacu kita dan masyarakat Kabupaten Banjar agar hidup lebih sehat, dengan ditandai meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga kita dapat meraih anugrah penghargaan yang lebih baik lagi,” ujarnya. Ditargetkan ditahun 2021 Kabupaten Banjar diharapkan kembali menerima Swastisaba Wistara yaitu merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian. Tujuh penilaian tersebut diantaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana umum, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta sosial yang sehat. (MC Kominfo /ADB/Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: