KALSEL LAUNCHING RENCANA AKSI DAERAH (RAD) TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN/SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALs

BANJARMASIN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan Senin (14/10/19) pagi, melaksanakan kegiatan Launching Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), yang dibuka secara simbolis oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bertempat di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Dalam sambutannya gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan bahwa SDGs adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong  pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

“SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi” ungkap Sahbirin.

“Pembangunan yang berkelanjutan adalah cara yang mau kita tempuh  dari apa yang kita cita-citakan di Republik Indonesia ini yaitu bangsa dan warga yang berbahagia, untuk mencapai negara yang jaya selama-lamanya” Ujar Paman Birin disambut tepuk tangan peserta.

Sementara itu ketua panitia pelaksana kegiatan Kepala Bappeda Provinsi Kalesel Nurul Fajar Desira, menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara yang aktif menginisiasi dan memberikan komitmen besar untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs, pemerintah berkomitmen dan mendukung kesepakatan global dalam mewujudkan pembangunan yang adil, damai dan berkelanjutan.Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan provinsi lainnya di Indonesia berkomitmen melaksanakan Rencana Aksi Daerah (RAD)  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals RAD TPB/SDGs) yang telah disepakati PBB dalam UN Sustainable Development Summit pada September 2015 dan Rencana Aksi Nasional yang ditetapkan melalui Perpres  No 59 Tahun 2017 pada buan Juli 2017.  TPB/SDGs memiliki 17 goals, 169 target dan 241 indikator yang dilaksanakan secara inklusif, partisipatif dan berpegang pada prinsip one left behind untuk mengakhiri kemiskinan dan eklaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung didalamnya serta menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih adil, damai dan sejahtera.

“Oleh karena itu acara ini kami laksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kalimantan Selatan karena telah merampungkan  penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs provinsi Kalsel tahun 2018-2021”kata Fajar.

Acara yang dihadiri Sekretaris Nasional SDGs, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalsel,  Kepala Daerah Kabupaten/Kota  se Kalsel, Kepala Bappeda/Balitbangda Se Kalsel, serta Kepala instansi vertikal, kepala BUMN. BUMD dll, ini sekaligus penyerahan dokumen yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Kalsel kepada Bappenas serta Pemerintah Kabupaten/Kota yang diwakili Kepala Bappeda masing-masing,  salah satu diantaranya adalah Galuh Tantri Narindra yang menjabat sebagai Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banjar. (ADB.Bappeda Litbang)

%d bloggers like this: