KABUPATEN BANJAR TARGETKAN NILAI SAKIP NAIK

MARTAPURA – Sebagai tindak lanjut dari kegiatan rapat persiapan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang telah dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar pada tanggal 12 Agustus 2019, telah disampaikan akan dilakukan persiapan SKPD yang akan dijadikan sampel sebanyak dua pertiga dari total Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan koordinasi dengan SKPD terkait hal-hal yang harus dipersiapkan dalam evaluasi SAKIP dimaksud.

Oleh karena itu  di aula baiman Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar Kamis (22/8) dilaksanakan  evaluasi dan konsultasi perbaikan sakip yang dibuka oleh Sekretaris Daerah H. Muhammad Hilman didampingi Kepala Bappeda Litbang Kab Banjar Galuh Tantri Narindra, Inspektur Kab Banjar H M Rusdi, Kabag Organisasi dan Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Litbang..

Dalam sambutan singkatnya  Sekda Banjar menyampaikan bahwa dari arahan Bupati pada saat hari jadi Kabupaten Banjar, Bupati  menetapkan target nilai SAKIP Kabupaten Banjar memperoleh predikat BB atau dengan nilai 70 keatas.

“Penilaian pada tahun 2017 lalu telah dicapai nilai sebesar 68,61, untuk mencapai predikat BB masih diperlukan  1,26 poin. Oleh karena itu melihat capaian yang ada kita  optimis dapat memperoleh pridikat BB dengan melakukan perbaikan perbaikan sesuai dengan arahan dari Biro Organisasi dan Kemenpan” ujar Hilman.

Dalam kesempatan itu Tantri juga turut menjelaskan  bahwa Evaluasi SAKIP terdiri atas Evaluasi SKPD dan Evaluasi Kabupaten dimana Evaluasi SAKIP SKPD merupakan salah satu penyumbang terhadap nilai SAKIP Kabupaten.

“Secara umum evaluasi SAKIP meliputi : Perencanaan Kinerja (bobot 30%) yaitu perencanan strategis 10% dan perencanaan kinerja tahunan 20%, Pengukuran Kinerja (bobot 25%), Pelaporan Kinerja (bobot 15%), Evaluasi (bobot 10%), Pencapaian Sasaran (bobot 20%)” jelasnya.

“Komitmen pimpinan sangat diperlukan dalam evaluasi SAKIP ini, dengan memperhatikan beberapa poin-poin yang bisa menjadi pengungkit” ucap H Muhamad Rusdi menambahkan.

Acara ini dihadiri seluruh Kepala SKPD Kab Banjar, seluruh Kepala Bidang Bappeda Litbang Kab Banjar.(ADB/PPE)

%d bloggers like this: