BAPPEDA LITBANG RAIH JUARA

Martapura, Upaya agar masyarakat Kabupaten Banjar mengonsumsi makanan lokal yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein pada Kamis (15/08/2019) bertempat di halaman kantor Pemkab Banjar digelar lomba kuliner Banjar Festival Pangan Lokal B2SA, Kudapan Ikan dan Kue Tradisional yang dibuka langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman serta Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah, yang mana Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar juga ikut serta dalam lomba tersebut.

Merupakan rangkaian HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 dengan mengangkat tema Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Pengolahan Hasil Pangan. Digelarnya lomba kuliner Banjar Festival Pangan Lokal B2SA ini merupakan upaya promosi olahan pangan lokal dan penerapan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Selanjutnya, dilaksanakannya lomba kudapan ikan sebagai edukasi gemar ikan melalui ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak. Dengan adanya lomba kue tradisional Banjar sebagai upaya untuk melestarikan kuliner tradisional khas Banjar sekaligus mengampanyekan makanan yang sehat. Menggali potensi daerah, baik kue tradisional, kudapan ikan dan juga pangan lokal B2SA sehingga masyarakat dalam mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan.

diharapkan, lomba ini kembali digelar tahun depan dengan cakupan peserta yang lebih luas lagi, bisa masyarakat Kabupaten Banjar. Adapun untuk peserta lomba yang berlangsung dihalaman Pemkab Banjar itu, untuk lomba pangan lokal B2SA dan Kudapan Ikan diikuti oleh ibu-ibu TP PKK seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjar, sedangkan lomba kue tradisional diikuti ibu-ibu TP PKK SKPD di Kabupaten Banjar.
Dilanjutkan dengan langsung mengunjungi stand lomba masak oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Banjar, Hj Raudathul Wardiyah bersama jajaran Forkopimda Banjar, Kepala SKPD Kab. Banjar bersama-sama mencicipi makanan olahan seluruh PKK dan SKPD Kab. Banjar dengan menghadirkan juri, Master Chef Indonesia 2019, Yulita Intan Sari atau dikenal Mama Lita.

Pada lomba ini, Bappeda Litbang meraih juara ke II dengan lomba kue tradisional, ini berkat kerjasama yang baik antar Dharma Wanita Persatuan unit Bappeda Litbang. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Prs/Man/Dsy/ ADB-BappedaLitbang)

%d bloggers like this: