PERLUNYA MENDORONG KABUPATEN/KOTA MENINGKATKAN AKSES SANITASI DAN AIR MINUM

MARTAPURA –  Selasa (21/5) Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) melalui bidang Fisik dan Prasarana menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Kick Off Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) dan Penilaian Satu Wasaka Award Kab. Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan bertempat di aula Bauntung Bappeda Litbang Banjar dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dipimpin langsung Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra sekaligus didampingi Kabid Fisik dan Prasarana M Syuhadak, Tantri berharap bahwa dengan adanya Wasaka Award ini dapat mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum. “Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat  mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur Sanitasi dan Air Minum” ungkapnya.

Dijelaskan juga oleh Syuhadak bahwa kategori penghargaan Wasaka Award meliputi Inovasi Pengelolaan Air Limbah Terbaik,  Inovasi Pengelolaan Persampahan Terbaik, Inovasi Pengelolaan Drainase Lingkungan Terbaik, serta Inovasi Pengelolaan Air Minum Terbaik.

Senada dengan Tantri, ”Kegiatan ini perlu dorongan dari setiap sektor sesuai bidangnya untuk dapat meningkatkan semua akses yang diperlukan” ujar Syuhadak.

Adapun kategori Sertifikasi  Wasaka ini adalah Satu Wasaka Pratama (40% – 65% indikator terpenuhi), Satu Wasaka Madya (66% – 90% indikator terpenuhi),  dan Satu Wasaka Utama (91% – 100% Indikator terpenuhi). (ADB/FP)

%d bloggers like this: