BAPPEDA LITBANG GELAR RAPAT UNTUK MENGETAHUI SEJAUH MANA KESIAPAN PENGANGGARAN PUSKESOS DIDESA

MARTAPURA – Kemiskinan merupakan satu permasalahan yang sangat kompleks dan multisektoral. SLRT merupakan sistem layanan yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin serta menghubungkan dengan program program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu SLRT merupakan salah satu fokus kegiatan dari Kementrian sosial yang juga didukung pemerintah kabupaten Banjar yang diharapkan mampu menanggulangi kemiskinan secara tepat. Untuk itu diharapkan pemerintahan desa diharapkan bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk pembentukan Puskesos didesa sebagai perpanjangan dari SLRT

Berdasarkan hal tersebut  maka Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Banjar Kamis (21/2) menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan Dinas Sosial, Dinas PUPR,  Aparat Kecamatan se Kabupaten Banjar serta staf Bappeda Litbang untuk mengetahui sejauh mana kesiapan desa dalam hal pembentukan dan penganggaran puskesos di Aanggaran engeluaran Belanja (APB) desa.

Mewakili kepala bappeda litbang dan Kabid Sosbud dan SDM H Syahruddin menyebutkan bahwa para pembakal desa siap mendukung pembentukan dan penganggran Puskesos di desa masing-masing. Namun diharapkan ada sosialisasi lanjut tentang Puskesos di Kecamatan masing-masing.

Berdasarkan hasil rapat dari beberapa kecamatan sebagian bsar desa sudah menganggarkan APB Desanya untuk pelaksanaan Puskesos di masing-masing desa.  Mengenai sosialisasi, Dinas Sosial dan tenaga Ahli sip untuk sosialisasi didesa mengenai Puskesos (ADB/Sosbud)

%d bloggers like this: