KEMBANGKAN KLASTER SASIRANGAN

Kertak Hanyar – bertempat di Aula Kecamatan Kertak Hanyar pada 17 Juli 2018 melakukan kegiatan Sosialisasi Pengembangan Klaster Fasilitasi Pengembangan Ekonomi Lokal Daerah yang dibuka oleh Camat Kertak Hanyar Drs. H. Harun Al Rasyid, M.Si dengan peserta dari kelompok pelaku usaha ekonomi  sasirangan sebanyak 45 orang yang berasal dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Kertak Hanyar, Kecamatan Gambut, Kecamatan Sungai Tabuk, dan Kecamatan Beruntung Baru.

Materi yang disampaikan pada Sosialisasi ini berasal dari Narasumber yang berkompeten, yaitu : (1). Narasumber dari Plt. Sekretaris Bappelitbang Kabupaten Banjar  dengan judul materi : Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Pembangunan   khususnya Pengembangan Klaster di Kabupaten Banjar. (2). Narasumber dari Tenaga Ahli Regional PELD Kabupaten Banjar 2010 – 2014 dengan Judul Materi : Pengembangan Klaster (cluster development) dan cerita sukses (succes story) beberapa klaster di Indonesia, dan (3). Narasumber dari Kepala Seksi Industri Aneka  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar dengan Judul Materi : Pengembangan Klaster dari Segi Industri.

Paguyuban sasirangan di Kecamatan Kertak Hanyar tepatnya di  Kelurahan Manarap Lama telah terbentuk pada tahun 2015. Oleh karena itu dengan adanya sosialisasi pengembangan klaster diharapkan dapat terealisasi rencana pembentukan klaster baru karena prospek sasirangan sangat baik.

Dengan dibentuknya klaster sasirangan diharapkan nantinya : (a). Klaster Sasirangan berhasil mengundang Menteri Perindustrian untuk Pengiriman Produk, (b). Program untuk percepatan ekonomi masyarakat Kabupaten Banjar, (c). Adanya kunjungan wisata Industri, (d). Klaster Sasirangan berhasil melakukan kerja sama usaha dan bekerja sama dengan Perbankan dalam penyaluran modal usaha /bahan baku. (BAPPELITBANG/Perekonomian)

%d bloggers like this: