PENTINGNYA PROGRAM PAMSIMAS BAGI MASYARAKAT KAB. BANJAR

MARTAPURA – Senin 11 September 2017 Bidang Fisik dan Prasarana Bappelitbang Kabupaten Banjar melaksanakan Rapat Evaluasi Triwulan Koordinasi Pokja AMPL TA. 2017 yang digelar di Aula Baiman lantai III Bappelitbang Kabupaten Banjar.  Acara ini dipimpin oleh Dr. I Gusti Nyoman Yudiana, M.Si selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Banjar yang di dampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup serta Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappelitbang Kab. Banjar.

Dalam rapat tersebut dibahas tentang Desa Program PAMSIMAS Reguler dan Desa Program Hibah Khusus Pamsimas (HKP). Berkenaan dengan program Desa Reguler Panitia Kemitraan (PAKEM) Pokja AMPL Kabupaten Banjar yang mempunyai peran khusus dalam pemilihan desa telah melaksanakan pemilihan desa untuk program desa reguler di tahun 2016 yang lalu untuk diimplementasikan pada tahun anggaran 2017 dan ditindaklanjuti dengan surat usulan desa sasaran reguler APBD dan Reguler APBN kepada Dirjen Cipta Karya di Jakarta. Berdasarkan hasil pemilihan desa yang dilaksanakan PAKEM, berhasil menjaring 4 (empat) desa calon sasaran program yaitu : Desa Tatah Bangkal Kec. Tatah Makmur, Desa Sungai Rangas Ulu Kec. Martapura Barat, Desa Pindahan Baru Kec. Beruntung Baru, Desa Kelampaian Ulu Kec. Astambul, seiring dengan waktu dari empat desa calon sasaran program tersebut terdapat beberapa permasalahan yaitu ; Desa Tatah Bangkal Kec. Tatah Makmur mengundurkan diri, hal ini karena adanya layanan PDAM yang akan masuk wilayah tersebut, dan masyarakatnya telah menyatakan mengundurkan diri dan Desa Sungai Rangas Ulu Kec. Martapura Barat sudah terdapat pipa sekunder PDAM yang sudah beroperasi sejak tahun 2011, namun hingga saat ini jumlah pelanggan hanya 9 (Sembilan) sambungan rumah dari 500 buah rumah di Desa Sungai Rangas Ulu, Masyarakat desa menginginkan ikut program PAMSIMAS karena menurut mereka dianggap lebih terjangkau dan sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat.

Pada Desa Program HKP yang bersumber dana APBN dan APBD terdapat 5 desa yang usulan pendanaannya dipending untuk dianggarkan di 2018 yaitu Desa Apuai Kec. Aranio, Desa Keliling Benteng Kec.Martapura Barat, Desa Makmur Karya Kec. Cintapuri Darussalam, Desa Sungai Rangas Hambuku Kec. Martapura Barat dan Desa Salat Makmur Kec. Beruntung Baru.

Sisanya ada 13 Desa yang usulan pendanaan yang sudah mendapatkan Surat Keputusan serta DIPA sudah tersedia dari Dirjen Cipta Karya. Program HKP APBD ada 9 Desa yang diusulkan namun berdasarkan hasil Rapat ada 3 desa yang masih diragukan dan disarankan untuk dipindahkan ke desa lain terkait dengan kondisi sosial masyarakat dan air baku yang kurang mendukung yaitu: Desa Garis Hanyar Kec. Simpang Empat, Desa Penyiuran Kec. Pengaron, Desa Sungai Lurus Kec. Sambung Makmur. Kemudian ada 6 desa yang diusulkan untuk dilanjutkan oleh PAKEM di tahun 2017 yaitu : Desa Lok Cantung Kec. Simpang Empat, Desa Sei Langsat Kec. Simpang Empat, Desa Sungai Bakung Kec. Sungai Tabuk, Desa Empat Kec. Simpang Empat, Desa Abirau Kec. Karang Intan dan Desa Tanah Habang Kec. Mataraman. Dalam rapat ini dihadiri oleh Bappelitbang Kab. Banjar, BPKAD Kab. Banjar, Dinas Kesehatan Kab. Banjar, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Banjar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Banjar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Banjar, PDAM serta Tim Fasilitator PAMSIMAS Kab. Banjar (ADB/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: