Home » Berita»MENJARING MINAT DESA UNTUK IKUT PAMSIMAS

 
Logo

Login

Aplikasi

  • Database SD
  • emonev
  • eplanning
  • Musrenbang
  • PROFIL INVESTASI KABUPATEN BANJAR 2015
  • SI ELOK
  • SIMNANGKIS
  • Sisda
  • Sisda 2015
  • smp
  • update
  • usulan
  • usulanskpd
  • Wisata Kab. Banjar

Tautan

  • DEPDAGRI
  • DIRJEN BANGDA
  • BAPPEPROV
  • BAPPENAS

Tentang Kami

Bappelitbang Kabupaten Banjar
Jl. Ahmad Yani No. 2 Martapura
Telp. 0511. 4721504
Fax. 0511. 4721453
bappeda_banjarkab@yahoo.com

MENJARING MINAT DESA UNTUK IKUT PAMSIMAS

MARTAPURA – Sesuai  dengan  amanat RPJPN  2005–2025 dan RPJM 2015-2019, Pemerintah melalui program pembangunan nasional ‘Akses Universal Air Minum dan Sanitasi Tahun 2019’, menetapkan bahwa pada tahun 2019 Indonesia dapat menyediakan layanan air minum yang aman dan sanitasi yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia.  Secara nasional sampai dengan tahun 2015, akses air minum yang aman baru tersedia bagi 68% dari total penduduk Indonesia, sedangkan untuk kebutuhan sanitasi dasar baru mencapai 60% dari total penduduk Indonesia. Diantara masyarakat yang belum terlayani tersebut, masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran kota termasuk kelompok yang paling rentan untuk mengakses air minum yang aman dan sanitasi yang layak.

Sosialisasi Penjaringan Minat Program Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yang dibuka Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Masruri

Pelaksanaan Program Pamsimas Tahun 2008-2015 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat. Pendekatan pemberdayaan masyarakat telah mampu meningkatkan partisipasi  masyarakat sebagai   mitra strategis Pemerintah Daerah dan Pemerintah dalam menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dan sanitasi.

Program Pamsimas III yang dilaksanakan pada tahun 2016-2019,  kelanjutan dari Program Pamsimas I dan II (tahun 2008-2015), merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan  air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu (1) 100%-100% akses air minum dan sanitasi, dan (2) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan yang  dapat  mengakses  pelayanan  air  minum  dan  sanitasi,  meningkatkan  penerapan  nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target akses air minum dan sanitasi pada tahun 2019 disektor air minum dan sanitasi, melalui  pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. Program Pamsimas III dilaksanakan untuk menunjang pengembangan permukiman yang berkelanjutan di 15.000 desa serta mengelola keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi di lebih dari 27.000 desa sasaran Pamsimas.

Kegiatan pamsimas i dan II yang sudah dilaksanakan dibeberapa desa di kabupaten banjar juga sudah merasakan dampak positifnya bagi kehidupan warga desa dalam akses minum air bersih yang selama ini menjadi permasalah yang komplek bagi warga pedesaan yang jjauh dari jangkauan air PDAM.

Sebagai tindak lanjut dari kehiatan pelaksanaan kegiatan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) di Kabupaten Banjar dalam rangka pelaksanaan program Pamsimas, Pokja AMPL Kabupaten Banjar Kamis (13/7/017), melaksanakan sosialisasi penjaringan minat program Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yang digelar secara bertaha yaitu pagi dan siang bertempat di Aula Baiman  yang dibuka Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM H. Masruri, dengan melibatkan beberapa instansi terkait, PDAM, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan PAKEM, Pasilitator Pamsimas Kabupaten Banjar dan Fasilitator Pamsimas Provinsi Kalsel serta sejumlah desa peminat.

Dalam sambutannya H. Masruri menyampaikan apresiasinya akan kegiatan Pamsimas di Kabupaten Banjar.  Menurutnya Pemkab Banjar  memiliki komitmen yang kuat dalam perluasan pelaksanaaan program dan tersebut.

Tujuan dari acara ini adalah  menginformasikan pelaksanaan program Pamsimas dan program air minum dan sanitasi lainnya yang dikelola atau dilaksanakan di Kabupaten Banjar yang dapat mendukung pencapaian akses universal air minum dan sanitasi.  Selain bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat acara ini juga dalam rangka  menjaring peminat tentang kebutuhan bantuan program air minum dan sanitasi, dengan jumlah  target pemanfaat untuk desa baru, desa peningkatan dan desa perluasan.

Diharapkan dalam pelaksanaan sosialisasi mendapatkan dukungan dari pemerintah kecamatan untuk pendampingan pengajuan usulan atau minat dari pemerintah desa dan masyarakat untuk mendapatkan bantuan program air minum dan sanitasi serta mendapatkan pendampingan mengenai penyusunan proposal nantinya. (ADB/FP)

Formulir Surat Warga