RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LKJiP KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Sebagai sebuah organisasi, instansi pemerintah semakin dituntut untuk menyampaikan keberhasilan pencapaian tugas pokok dan fungsinya yang telah dilaksanakan selama satu tahun berjalan. Keberhasilan sebuah organisasi akan banyak dipengaruhi oleh kemampuannya untuk menyampaikan informasi secara terbuka, seimbang dan merata bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders). Penyampaian informasi kinerja ini dimaksudkan sebagai pengungkapan/komunikasi terhadap capaian kinerja instansi pemerintah yang bersangkutan dan harus dapat dipertanggungjawabkan sekaligus menjelaskan keberhasilan dan kegagalan tingkat kinerja yang dicapai.

Pelaporan kinerja oleh instansi pemerintah mengandung penjelasan mengenai kinerja instansi pemerintah yang dituangkan dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kabupaten Banjar Tahun 2016 ini merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban tentang penyelenggaraan negara yang berdayaguna dan berhasilguna dengan mengacu pada Peraturan Presiden RepublikIndonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Dengan berakhirnya tahun anggaran 2016, maka perlu segera disusun laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Banjar tahun 2016.  Berkenaan dengan hal tersebut Selasa (10/01), dilangsungkan rapat persiapan penyusunan LKJiP Kabupaten Banjar dengan agenda rapat pembagian kelompok pendampingan dan acuan verifikasi renstra SKPD Kabupaten Banjar tahun 2016-2021 yang dipimpin Kepala BAPPELITBANG Hary Supriadi didampingi Sekretaris Rakhmat Dhany serta Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi M. Syuhadak, yang digelar di aula Baiman lantai III BAPPELITBANG Kabupaten Banjar diikuti Tim Penyusun LAKIP dan LKJiP dan Kasubbag Perencanaan SKPD Kabupaten Banjar.

Dalam sambutan sekaligus paparannya Hary Supriadi menyampaikan bahwa LAKIP dan LKJiP sangat penting sebagai laporan ke Pusat. Mengenai penyusunan laporan “Perlu Koordinasi antara Kassubag Program SKPD yang lama dan Kassubag Program yang baru” ungkapnya .

Selain itu Hary Supriadi juga meminta agar Urusan dari SKPD yang telah dihilangkan agar tetap muncul dalam LAKIP dan LKJiP serta  mengenai SKPD yang telah bubar laporannya diharapkan bantuan dari Kassubag Program yang menjabat pada saat SKPD tersebut belum bubar.

Sementara itu M. Syuhadak mengingatkan Mengenai LKPJ dan LKJiP dari SKPD yang baru agar dapat mengambil dari Laporan SKPD terdahulu saat belum dipecah. “Untuk Penyusunan LAKIP dan LKJiP diharapkan selesai pada pertengahan bulan Januari 2017, dan sudah diterima oleh BAPPELITBANG” tutupnya .(ADB/PPE)

Leave a Reply

%d bloggers like this: