BAPPELITBANG BANJAR BENTUK POKJA AMPL

Martapura, Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional merupakan sebuah lembaga adhoc yang dibentuk pada tahun 1997 sebagai wadah atau forum komunikasi dan koordinasi agar pembangunan air minum dan sanitasi berjalan lebih baik. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga evaluasi. Selain itu, pembentukan pokja juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga pemerintah pelaku pembangunan air minum dan sanitasi.

Dalam hal tersebut BAPPELITBANG Kab. Banjar Senin 16 Januari 2017 bertempat di aula Bauntung BAPPELITBANG Kab. Banjar mengadakan acara Rapat Pembentukan Pokja AMPL yang dipimpin langsung oleh Kepala BAPPELITBANG  Dr. Hary Supriadi, SH, MA terkait Target RPJMN 2015-2019 tercapainya universal access atau cakupan akses 100% untuk air minum dan sanitasi dalam rangka pengamanan air minum. Dibahas dalam agenda tersebut Fungsi Pokja AMPL yaitu koordinasi yang merupakan peran untuk mengkoordinasikan pelaksanaan Program AMPL di wilayah Kabupaten. Advokasi yang merupakan peran untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, komitmen dan kemampuan berbagai pemangku kepentingan di tingkat kabupaten untuk turut serta dalam pembangunan AMPL. Serta Advisori yang maksudnya memberikan peran input strategi bagi pengendalian kebijakan, program dan kegiatan yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kinerja pembangunan AMPL.


Sedangkan Pokja AMPL tersebut memiliki tujuan mensinergikan penyelenggaraan pembangunan sektor air minum dan penyehatan lingkungan. Guna mendukung percepatan pencapaian Universal Acess Tahun 2019 Bidang Air Minum dan Sanitasi.

Disampaikan juga mengenai beberapa program dan kegiatan yang dikoordinasikan melalui Pokja AMPL yaitu desain dan implementasi Program Berbasis Masyarakat yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Advokasi komunikasi dan penyebaran informasi melalui rapat koordinasi dengan POKJA AMPL Provinsi dan Kab/Kota, operasioanalisasi berbagai situs AMPL, Advokasi dan penguatan kapasitas Pokja AMPL melalui WASPOLA Facility, dan kemitraan dengan LSM lainnya.(ADB/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: