FGD LAPORAN FINAL PENYUSUNAN BLUEPRINT ENERGI KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA –  Sebagai sebuah lanjutan dari acara sebelumnya  yang dilaksanakan  pada tanggal 11 Nopember 2016. Bappeda Kabupaten Banjar Selasa(22/11), kembali menggelar FGD Laporan Final Penyusunan Blueprint Energi Kabupaten Banjar dihadiri stake holder’s terkait  dipimpin kepala Bidang Pendataan Litbang dan Pelaporan Ir. Candra Dewi serta didampingi Kasubbid bidang Data, Penelitian dan Pengembangan Elok Yuli Suryanti,S.Pi.

Seperti yang kita ketahui bahwa aktifitas masyarakat modern saat ini tidak bisa dilepaskan dari  kebutuhan energi sehingga energi bukanlah menjadi kebutuhan sekunder tetapi telah menjadi kebutuhan primer. Ketergantungan masyarakat terhadap energi sangatlah besar. Tanpa energi masyarakat sekarang tidak dapat melakukan aktifitas. Dapat dibayangkan bagaimana jika pasokan energi final ke suatu wiilayah hunian tidak ada atau pasokan energi tidak mencukupi maka aktiftas masyarakat termasuk aktifitas unit produksi usaha akan terhenti dan akan berlanjut pada instabilitas multi sektoral. Untuk mendukung kecukupan ketersediaan cadangan energi nasional dan menjamin kelancaran pasokan energi secara berkelanjutan jangka panjang maka diperlukan pengelolaan energi yang terencana dan tersistim dengan baik.

Dalam materinya narasumber tim peneliti energi fakultas tehnik Universitas Lambung Mangkurat yang diwakili Ir. Adip Mustafa, Dkk menjelaskan tantangan atau isu keenergian nasional adalah penurunan produksi minyak, pemanfaatan energi domestik masih rendah, akses energi terbatas (BBM, gas, listrik).

Dalam paparannya tim penyusun mengungkapkan bahwa Mengetahui karakteristik kondisi energi saat ini dan yang diharapkan tahun 2025, mengetahui kebutuhan energi jangka menengah dan jangka panjang tahun 2025, mengetahui road map sasaran dalam pengelolaan energi dan mengetahui peluang dan kendala serta menetapkan upaya dan program kerja jangka menengah.

Ditambahkannya lagi tentang tujuan kegiatan ini yaitu agar memiliki data dasar yang dapat digunakan untuk menetapkan kebijakan rencana strategis pengelolaan energi termasuk menetapkan usulan pasokan energi listrik dan BBMG di Kabupaten Banjar hingga awal tahun 2025, mendukung percepatan RUED (Rencana Umum Energi Daerah) Kabupaten Banjar hingga tahun 2025 atau tahun 2050, serta menyiapkan arahan umum dalam penyusunan rencana strategis pengelolaan energi Kabupaten Banjar hingga tahun 2019. (ADB/PLP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: