JARINGAN PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN

Martapura, Jaringan penelitian dan pengembangan (Jarlitbang) pendidikan merupakan wahana kerjasama lintas sektoral antara Pemerintah Pusat (Kemendiknas) dan Pemerintah Daerah (Balitbangda/Bappeda, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota) dalam kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan. Balitbangda merasa perlu melakukan sinkronisasi kebijakan pendidikan nasional di berbagai jenis layanan pendidikan dengan pemerintah daerah agar terjadi sinergi penyelenggaraan kebijakan pendidikan antarpusat dan antar daerah, karena secara sinergi mengingat institusi penelitian dan pengembangan bidang pendidikan di pusat dan daerah telah terjadi jalinan kerjasama di bidang masing-masing. Selain itu jaringan penelitian sebagai media potensial antar lembaga pendidikan baik vertikal maupun horizontal sehingga sinergitas dapat terwujud. Di samping itu, untuk mewujudkan layanan pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat diperlukan komitmen seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan. Dalam rangka mewujudkan komitmen seluruh pihak terkait dan sesuai dengan fungsi strategis Bappeda, Balitbangda dan Dinas Pendidikan dalam penetapan kebijakan pendataan, penilaian di tingkat Kabupaten/kota provinsi.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melalui Bidang Data, Litbang, dan Pelaporan mengikuti Rapat Koordinasi Daerah Jaringan Penelitian Pendidikan Tahun 2016 yang dilaksanakan di Kabupaten Balangan pada Tanggal 25 s.d 27 Mei 2016 yang dilaksanakan di Balangan tepatnya Aula Kabupaten Balangan.

Kegiatan Rakorda tersebut memiliki tujuan umum yaitu untuk mengoptimalkan peran jaringan penelitian dalam upaya membangun kebijakan pendidikan sehingga kegiatan pendidikan berjalan sesuai dengan nilai-nilai dalam berprilaku. Sedangkan tujuan khusus dari Rakorda tersebut yaitu meningatkan pemahaman anggota jaringan penelitian bidang pendidikan daerah Kabupaten/kota terhadap tata kerja kelembagaan dan peningkatan kemampuan SDM peneliti, penatalaksanaan penelitian jaringan penelitian bidang pendidikan, pengembangan jejaring informasi dan pertukaran informasi hasil-hasil penelitian Jarlitbang Kabupaten/kota, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan jaringan penelitian bidang pendidikan, dan merencanakan kegiatan jaringan penelitian bidang pendidikan pada tahun-tahun mendatang.

Dalam kegiatan Rakorda di Kabupaten Balanan juga dilaksanakan field trip seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan dalam kesempatan ini SMPN 4 Paringinlah yang menjadi tujuannya. Sebagai salah satu sekolah terbaik di Kabupaten Balangan SMPN 4 Paringin merupakan salah satu sekolah yang dapat terbilag lengkap fasilitasnya. Tidak hanya itu saja SMPN 4 Paringin juga memiliki siswa dan siswi yang berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik. Hal itu terbukti dengan lulusan-lulusan sekolah tersebut berhasil menembus sekolah-sekolah terbaik di tingkat lanjutannya. Salah satunya adalah “SMA  Banua Boarding School”. Dan juga pihak sekolah menceritakan bahwa agar guru-guru di sekolah tersebut tidak tertinggal dalam peningkatan wasasan maka seringkali guru-guru disana mengadakan peningkatan wawasan dalam hal ilmu pengetahuan secara mandiri. Hal itu bertujuan menghadapi persaingan global yang semakin meningkat.

Setelah dilaksanakannya Field Trip kemudian juga dilaksanakan forum diskusi terkait mengenai kebijakan-kebijakan atau tujuan yang perlu ditingkatkan maupun perhatian mengenai pemantapan jaringan penelitian Kabupaten/kota dalam eksosistem penelitian pendidikan. Dan di akhir kegiatan dilaksanakan hasil rangkuman kegiatan dan kesimpulan maupun hasil dari Rapat Koordinasi Jaringan Penelitian Tahun 2016 yang dilaksanakan di Kabupaten Balangan Tahun ini.

Diharapkan dengan diselenggarakannya Jarlitbang Pendidikan ini dapat memberikan kekinian informasi dalam penyusunan kebijakan pimpinan daerah dalam merencanakan dan melaksanakan  serta memecahkan masalah-masalah kebijakan pendidikan di daerahnya. Hal ini sejalan dengan tuntutan dan kewenangan pemerintah daerah di era otonomi daerah. Oleh karena itu, keberadaan Jaringan Penelitian Bidang Pendidikan sangat diperlukan dalam upaya mensinkronkan berbagai kebijakan Pendidikan Nasional dan membantu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan sehingga kegiatan pendidikan dapat berjalan secara sinergis. (ADB/PL)

Leave a Reply

%d bloggers like this: