SHBJ SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN DATA TENTANG HARGA BARANG DAN JASA

 

 

Martapura (17/03/2016), Publikasi Standar Harga Barang dan Jasa tahun 2016 merupakan kelanjutan dari publikasi sebelumnya yang dilaksanakan berdasarkan hasil survey/kegiatan  pendataan harga-harga barang/jasa terhadap pedagang besar atau eceran yang dilaksanakan atas kerjasama Bappeda Kabupaten Banjar dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar.

Publikasi Standar Harga barang dan Jasa merupakan upaya pemenuhan kebutuhan data tentang harga-harga barang dan jasa khususnya untuk keperluan dinas/instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar tahun anggaran 2017, seperti harga alat tulis kantor, barang cetakan, peralatan dan perabot kantor, komputer, barang elektronik, dan barang/jasa lainnya.

Hasil publikasi nantinya akan digunakan sebagai salah satu acuan harga pembanding dalam penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) tahun anggaran 2017 yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Kabupaten Banjar, maka data harga barang/jasa yang disajikan dalam publikasi sudah memperhitungkan unsur pajak, keuntungan pihak ketiga, dan retribusi yang berlaku ditambah inflasi harga (sebagai faktor koreksi).

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melalui bidang data, litbang, dan pelaporan mengadakan acara Rapat Koordinasi Penyusunan Buku Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) Tahun 2016 untuk keperluan Pemerintah Kabupaten Banjar Tahun Anggaran 2017 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pendataan, Litbang, dan Pelaporan dan dihadiri oleh perwakilan dari SKPD terkait.

Untuk penyusunan Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) di tahun 2017, data pada Buku SHBJ ditahun 2016 dilakukan dengan cara memperbarui harga barang. Serta mengadopsi semua masukan – masukan mengenai harga barang dan jasa dimasing – masing SKPD yang harus dimasukkan dalam Standar Harga Barang dan Jasa.

Diharapkan agar SKPD beserta jajarannya mencermati kembali data-data setiap barang dan jasa yang ada di dalam buku SHBJ menyesuaikan dengan kebutuhan barang yang akan direncanakan/dilaksanakan pada SKPD-nya masing-masing, untuk kemudian dilakukan perbaikan data revisi dan atau penambahan data apabila belum tercantum dalam buku SHBJ tersebut.(ADB/PLP)

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: