RENCANA PENGEMBANGAN PASAR PADA TAHUN 2016-2041

Martapura (26/11/2015), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melalui bidang ekonomi mengadakan acara Rapat Koordinasi dalam rangka Persiapan Penyusunan Masterplan Penataan dan Pengembangan Pasar 2016-2041 di Kabupaten Banjar yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Banjar Drs. A. Zulyadaini, M.Si

Dalam acara tersebut dibahas mengenai penjelasan atau definisi-definisi terkait dari kegiatan tersebut seperti Perdagangan yang artinya tatanan kegiatan yang terkait transaksi barang dan jasa di dalam negeri melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi, pasar yang artinya lembaga ekonomi tempat bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk melakukan transaksi perdagangan, serta pelaku usaha yang maksudnya setiap orang perseorangan warga negara Indonesia atau badan usaha yang berbentuk badan hukum yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan.

Selain itu juga dibahas mengenai pembangunan pasar rakyat yang dapat berlokasi pada setiap sistem jaringan jalan, termasuk sistem jaringan jalan lokal atau jalan lingkungan pada kawasan pelayanan bagian kota/kabupaten atau lokal atau lingkungan (perumahan) di dalam kota/ kabupaten. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat bekerjasama dengan Swasta, Koperasi, Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah dalam membangun dan mengelola Pasar Rakyat dengan berpedoman pada Peraturan Presiden ini dan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Kegiatan ini merupakan rencana dalam rangka persiapan penyusunan Masterplan Penataan dan Pengembangan Pasar di Kabupaten Banjar pada tahun 2016-2041. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tujuan kegiatan ini dapat tercapai. (ADB/Eko)

Leave a Reply

%d bloggers like this: