LAPORAN AKHIR PASAR RAKYAT DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN TOKO MODERN

Martapura (8/10/2015), Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) yang dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh pelanggan di masa depan. Kabupaten Banjar terdapat dalam wilayah Metropolitan Banjarbakula dimana perkembangan dan pertumbuhan perkotaannya mendapatkan pengaruh sangat kuat dari Kota Banjarmasin dan keberadaan Bandara Udara, serta perpindahan Perkantoran Provinsi di Banjarbaru.

Badan Perencanaan Pembangunan daerah melalui bidang ekonomi mengadakan acara ekspose laporan akhir penyusunan dokumen strategis pasar rakyat dalam menghadapi perkembangan modern yang dipimpin oleh kepala bidang ekonomi Ajidinnor Ridhali, SE, MM

Dalam acara tersebut dibahas mengenai pembangunan/ renovasi pasar tradisional dilakukan dengan pola kerjasama antara pemerintah dan swasta yang terencana yaitu pemerintah bersama PD pasar, BUMD dan BPD. Melibatkan pihak swasta membangun pasar tradisional, dimana pihak swasta bisa mengelola dan menerima retribusi pasar selama 10 tahun untuk mengembalikan investasinya beserta labanya.

Visi dan misi. Pihak pengelola pasar (Dinas Pasar ditingkat kebijakan dan Perusahaan Daerah) harus memiliki visi dan misi yang jelas tentang arah dan bentuk pasar tradisional yang dikembangkan kedepan. Tugas pokok pengelola pasar adalah melakukan pembinaan terhadap pedagang, menciptakan kondisi pasar yang kondusif dan layak untuk berusaha serta mengupayakan kelancaran distribusi barang  sehingga tercipta kestabilan harga barang. Pengelola pasar harus memahami tugas dan fungsinya sebagai pengelola. Orientasi pemerintah daerah masih lebih cenderung pada peningkatan PAD dari pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Jelas dan pahamnya SOP (Standard Operation Procedure) dimana kinerjanya dapat diukur yang tertuang di dalam SOP, namun saat ini SOP Pasar Tradisional dan implementasinya di lapangan belum mencerminkan diterapkannya manajemen yang baik dan benar sehingga masih terjadi banyak salah kelola dan pelanggaran tanpa adanya sanksi yang tegas.

Menyadari pentingnya fungsi pasar tradisional yang strategis dalam rangka peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja, maka perlu diupayakan pemberdayaan Pasar Tradisional sehingga menjadi tempat yang layak dan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi setiap kalangan. Modernisasi bukan satu-satunya solusi, tetapi bisa dilakukan peningkatan fungsi dan daya tarik pasar tradisional dalam bentuk lain dengan menciptakan sesuatu yang khas dan keunikan namun tingkat kenyamanan, keamanan, kebersihan, ketertiban menjadi terpelihara dengan baik dan tidak kalah dengan apa yang terdapat di pasar modern.

Peningkatan pelayanan pedagang terhadap konsumen harus ditingkatkan. Kualitas pelayanan, kejujuran pedagang dan kualitas produk merupakan faktor yang menentukan kepuasaan konsumen. Dengan menjaga kepuasan konsumen maka pendapatan pedagang akan meningkat. (ADB/Eko)

Leave a Reply

%d bloggers like this: