SIMPATIK

Bappeda Banjar dibantu 2 orang mahasiswa jurusan Tehnik Informatika STIMIK Banjarbaru (  M. Rizki Amin dan Rizkha Amaril ) di Aula Batuah Bappeda, Martapura pada tanggal 30 Juli 2015 menyelenggarakan diskusi koordinatif dengan SKPD Dinas Koperasi dan UMKM.  Diskusi membahas tentang data dasar perkoperasian di Kabupaten Banjar.  Pada acara yang dikemas secara sederhana ini terkesan informal namun tetap serius, tajam, interaktif dan dinamis.

Data mentah yang ada pada Dinas Koperasi & UMKM diproses dengan sistem aplikasi manajemen data SIMPATIK yang didesain oleh fungsional perencana Banjar (Ir. Fathurrahman) beserta dengan tim kreatifnya. Sebetulnya pada portal Bappeda Banjar sudah ada informasi data pembangunan dengan menu SISDA (Sistem Informasi Satu Data). Namun aplikasi ini bersifat global (numerik).
  Sedang aplikasi SIMPATIK (Sederhana, Informatif, Mudah, Partisipatif, Akuntabel, Terpadu, Interaktif dan Komunikatif) lebih lengkap dan detail (naratif) sehingga informasinya lebih mendalam dipergunakan untuk keperluan analisis data perencanaan dan evaluasi.  Aplikasi ini menggunakan data mentah dari SKPD yang berbasis excel.

Dari pihak SKPD merasa terbantu dipermudah manejemen datanya.  Selanjutnya dari hasil manajemen data SIMPATIK ini dapat dipergunakan untuk penyusunan perencanaan strategis (RPJMD Banjar  dan Renstra SKPD 2016-2020) yang berbasis data akuntabel.  Diharapkan pola kerja serupa dapat juga diterapkan pada SKPD-SKPD lain.   Saat ini tim kreatif SIMPATIK sedang memproses data-data dasar dari SKPD : Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Bapeluh, Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Sosial, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Setda Bagian Kesra, serta BPS.  Tentu kami merasa bahagia bilamana SKPD lain juga akan segera menyusul berpartisipasi aktif.

Kedepan ide (gagasan) SIMPATIK dapat dikembangkan lagi manajemen informasinya dengan kerjasama perguruan tinggi seperti STIMIK Banjarbaru.  Sehingga teknologi informasi pembangunan dapat lebih luas lagi manfaatnya bagi pemerintahan dan masyarakat umumnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: