KEMBANGKAN KOMUDITAS UNGGULAN TANAMAN KARET

Martapura, PELD bertujuan untuk mengubah paradigma pemangku kepentingan tentang pengembangan Ekonomi Lokal sebagai instrumen untuk mengembangkan kegiatan ekonomi yang berbasis sumberdaya lokal guna meningkatkan kesehjateraan masyarakat secara berkelanjutan.  Selain itu PELD juga bertujuan untuk menggalang komitmen dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), terutama pemerintah & dunia usaha.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar melalui bidang ekonomi mengadakan acara Ekspose Pendahuluan Masterplan Pengembangan Komuditas Unggulan Tanaman Karet 2016 – 2020 yang bertempat di Aula Bauntung Kabupaten Banjar Lt. III

Tujuan Spesifik dari kegiatan PELD adalah :

  • Pengembangan berdasarkan Klaster
  • Peningkatan nilai tambahan karet sebagai komoditas unggulan (utamanya melalui kualitas produksi)
  • Optimalisasi UPH pengolahan hasil karet
  • Penataan kelembagaan termasuk revitalisasi BUMDES
  • Perbaikan & pengembangan jaringan pemasaran (Suply Chain managements)
  • Intervensi kebijakan dan peningkatan peran Pemkab Kabupaten Banjar untuk Peld karet.

Kegiatan PELD tersebut  berlokasi di Kecamatan penghasil utama karet di Kabupaten banjar seperti Kecamatan Mataraman, Simpang Empang, dan Karang Intan. Kecamatan lain yang juga banyak diusahakan tanaman karet seperti Pengaron, Telaga bauntung, Astambul, Sungai Pinang, Paramasan, Sambung Makmur, dll. Serta Kecamatan yang terkait dengan PELD ini seperti Kecamatan Martapura. (ADB/PL)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: