SOLUSI DALAM MEMPERCEPAT PELAPORAN

MARTAPURA-Dalam rangka pengkoordinasian terhadap pelaporan yang meliputi pelaporan APBD, Dana Alokasi Khusus (DAK), Tugas Pembantuan (TP), Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA), Urusan Bersama (UB), dan Inpres.  Bappeda Kabupaten Banjar, Rabu (23/07) menggelar Rapat Forum Operator Pelaporan yang terdiri dari seluruh SKPD-SKPD di Kabupaten Banjar.

Dalam Acara yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar,  Dra. Zulyadaini  serta didampingi Kepala Bidang  Pendataan, Litbang dan Pelaporan Ir. Candra Dewi ini terdiri dari evaluasi terhadap hasil pelaporan juga diselingi dengan simulasi pengisian format evaluasi APBD.

Dra. Zulyadaini, M.Si mengharapkan agar sistem pelaporan dapat terkoordinasi dengan baik  serta bisa cepat. Kemudian dalam pelaporan diharapkan juga realisasi yang ada dapat tercapai paling tidak mendekati karena rendah serapan dana dan realisasi fisik dan keuangan pada tiap semester  sangat berpengaruh secara umum terhadap kinerja Pemerintah Daerah di mata Pemerintah Pusat.

Selain itu permasalahan utama dalam pelaporan yaitu hampir sebagian SKPD terlambat dalam pengumpulan setiap laporan karena dari setiap dinas/instansi belum ada staf tenaga yang khusus untuk menangani pelaporan, untuk itulah Bappeda memberikan insentif kepada tenaga operator  khusus menangani pelaporan yang ditunjuk oleh SKPD yang bersangkutan, dengan harapan nantinya akan mempercepat dalam pelaporan.  Selain itu diharapkan kepada semua SKPD  agar selalu proaktif dalam melaporkan perkembangan pekerjaan atau kegiatannya melalui kegiatan APBD, Dana Alokasi Khusus, Tugas Pembantuan, TEPPA, Urusan Bersama, maupun Inpres. (ADB/PLP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: