BAPPEDA KABUPATEN BANJAR MENERIMA KUNJUNGAN DPRD KABUPATEN PASER

MARTAPURA – Kamis 08 Mei 2014, Bappeda Kabupaten Banjar menerima  Kunjungan Kerja Gabungan  Tim III KOMISI DPRD Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Maksud dari kunjungan yang diketuai ketua rombongan  Ir. H. Abransyah, MT itu adalah dalam rangka Rencana Tata Ruang Wilayah.

Kunjungan kerja yang diterima langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Banjar H. M. Rusdi,ST.MT serta didampingi Kepala Bidang Fisik dan Prasarana M. Riza Dauly,ST tersebut didasari bahwa   Kabupaten Banjar sudah  anggap mampu dan berhasil dalam Perencanaan Tata Ruang Wilayah. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Paser bermaksud belajar serta berdiskusi tentang rencana tata ruang wilayah yang ada di Kabupaten Banjar,  karena selama ini masih ada permasalahan tata ruang ruang wilayah di Kabupaten Paser  seperti belum di PERDA-kannya RTRW Kabupaten Paser dikarenakan permasalahan kawasan yang belum terselesaikan, kemudian inclub di pusat yang masih kecil dan jarak antar kecamatan yang terlalu jauh sehingga kesulitan untuk pengelolaan peruntukkan kawasan serta permasalahan kawasan cagar alam banyaknya desa yang bertempat di kawasan lindung sehingga terbentur dengan PERDA retribusi di Kabupaten Paser.

Dari hasil kunjungan ini  maka untuk mensukseskan rencana tata ruang wilayah di wilayah Kabupaten Paser diperlukan penyesuaian kawasan hutan lindung Kabupaten Paser dengan SK.Menhut.no.554/Menhut-II/2013, tanggal 2 Agustus 2013) untuk pengelolaan RTRW dan diperlukannya sinkronisasi batas antar kabupaten,dan batas antar Provinsi tetangga dengan Kabupaten  Paser yang masih belum disepakati mengakibatkan terkendalanya proses pembentukan RTRW serta perlunya komitmen bersama untuk menyepakati bagaimana PERDA Kabupaten Paser dapat di PERDA-kan.  Selanjutnya setelah diskusi acara ditutup dengan saling bertukar cindera mata dan foto bersama. (ADB/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: