PENTINGNYA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

MARTAPURA  (01/04/2014), Fakultas kedokteran gigi universitas Indonesia kembali meenggelar kegiatan Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut bagi kader-kader serta tenaga perawat gigi bertempat di 2 (dua) kecamatan yaitu Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Gambut dari tanggal 25-27 Maret 2013. Kegiatan yang diadakan ini dalam rangka Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Kabupaten Banjar tahun 2014 sebagai kelanjutan dari program sebelumnya di tahun 2013.

Pada dasarnya kegiatan ini dilatarbelakangi berdasarkan data pada tahun 2007, Kabupaten Banjar merupakan salah satu dari 5 kabupaten dengan angka pengalaman karies (skor DMF-T) tertinggi dibandingkan dengan kabupaten lain di Propinsi Kalimantan Selatan. Rata-rata tiap orang di Kabupaten Banjar memiliki hampir 8 gigi dengan karies, yang berarti lebih tinggi dari rata-rata nasional yaitu sebanyak 5 gigi oleh karena itulah harus mendapatkan penanganan agar nantinya jumlah  penderita karies gigi tidak akan bertambah akan tetapi sebaliknya jadi berkurang.

Kegiatan yang sudah satu kali diadakan ini ternyata mendapatkan sambutan positif dari para kader, siswa serta orang tua siswa PAUD. Berdasarkan kegiatan monitoringyang dilakukan Bappeda, hari pertama kegiatan diisi dengan pembukaan serta pelatihan 20 tenaga perawat gigi yang di gelar di aula Puskesmas Kecamatan Kertak Hanyar. Selanjutnya di hari kedua dan ketiga diisi dengan pemeriksaan kepada siswa dan orang tua siswa PAUD serta pelatihan kepada orang tua siswa dan guru-guru PAUD tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan sekaligus di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Gambut.

Untuk  diketahui kegiatan ini terselenggara adalah hasil kerjasama dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.(PLP/Bappeda)

Leave a Reply

%d bloggers like this: