RAPAT FORUM KASUBBAG PROGRAM TRIWULAN I SEKABUPATEN BANJAR TAHUN 2014

Martapura (09/01/2014), BAPPEDA Kabupaten Banjar menggelar Rapat Forum Kasubbag Program Triwulan I Se Kabupaten Banjar dengan pembahasan penjadwalan rangkaian kegiatan MUSRENBANG Tahun 2014 yang bertempat di aula lantai III BAPPEDA Kabupaten Banjar. Pada rapat tersebut diantaranya mengulas jadwal tentang Kegiatan 2014, Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK), Program Prioritas Kegiatan Tahun 2015, Prioritas Usulan Kecamatan, Kesepakatan SKPD dengan Kecamatan dan Rumusan RKPD.

Antusias Peserta dalam Pembahasan Rapat

Rapat Forum Kasubbag Program ini dipimpin oleh Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Banjar Drs. A. Zulyadaini, M.Si yang didamping oleh Kasubbag Program BAPPEDA Kabupaten Banjar Nashrullah Shadiq, S.Hut. Fokus pembahasan tentang Penyusunan Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan yang dimaksudkan untuk memberikan pedoman pelaksanaan MUSRENBANG Kecamatan yang berisi program prioritas dan indikasi patokan maksimal anggaran. PIWK dilakukan dengan asas transparansi, berkeadilan, partisipatif, responsif, dan akuntabel.

Pada Penyusunan PIWK ini bertujuan untuk:

  1. Menjamin terealisasinya usulan program kegiatan prioritas pada proses musrenbang ke dalam APBD Kabupaten;
  2. Mengurangi kesenjangan antar wilayah; dan
  3. Penerapan pendekatan pembangunan berbasis kewilayahan.

Besarnya PIWK ditentukan oleh variabel jumlah desa per kecamatan, jumlah penduduk, luas wilayah kecamatan dan jumlah rumah tangga miskin.

Dalam hal ini Bappeda menyiapkan pagu indikatif wilayah kecamatan berdasarkan pada indikator pembangunan dengan mengacu pada:

  1. Prakiran maju yang telah disetujui pada tahun sebelumnya;
  2. Evaluasi pencapaian RPJMD sampai dengan tahun berjalan;
  3. Tema dan prioritas pembangunan daerah tahun perencanaan;
  4. Sumber daya yang tersedia;
  5. Rencana tata ruang wilayah;
  6. Pokok-pokok pikiran DPRD;
  7. Kondisi aktual daerah.

Pada acara tersebut juga dibahas tentang kisi-kisi untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) serta waktu pengumpulan laporan tersebut.

Dinas yang hadir dalam acara ini adalah :

  1. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar;
  2. Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Banjar;
  3. Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Banjar;
  4. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar;
  5. Dinas Pendapatan Kabupaten Banjar;
  6. Badan lingkungan Hidup Kabupaten Banjar;
  7. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar;
  8. Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banjar;
  9. Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar;
  10. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Banjar;
  11. Badan Koordinasi PenanamanĀ  Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Banjar;
  12. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Banjar;
  13. Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar;
  14. Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar;
  15. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjar;
  16. Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Banjar;
  17. Sekretariat KORPRI Kabupaten Banjar; dan
  18. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar.

(Tim ADB-Sekre)

Leave a Reply

%d bloggers like this: