Penyusunan Masterplan Pengembangan Batu Aji

Martapura,  BAPPEDA Kabupaten Banjar melalui Bidang Ekonomi Senin (13/05/2013), bertempat di Aula BAPPEDA Lantai III mengadakan acara ekspose laporan Pendahuluan Penyusunan Masterplan Pengembangan Batu Aji. Acara ini dibuka dan dipimpin Kepala Bidang Perekonomian H. Syaiful Bachri, SE

Kepala Bidang Perekonomian beserta Kasubbid SDA memimpin ekspose

Sasaran dari forum ini adalah :

1.    Terwujudnya usaha perekonomian masyarakat yang berdaya saing tinggi
2.    Terwujudnya peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat
3.    Terciptanya tata kelola perekonomian daerah yang responsif dan adaptif

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode telaah pengalaman dari daerah lain berbagai laporan, melakukan diskusi terbatas secara informal dengan melibatkan berbagai pihak yang kompeten di bidang industri kreatif khusunya batu Aji, survei dengan wawancara mendalam langsung kepada pelaku usaha atau masyarakat selaku konsumen, pendekatan analisis SWOT AHP & Value Chains. Untuk mencapai obyektivitas maka dilakukan triangulasi antara sumber – sumber data tersebut. Jumlah Sampel pelaku usaha batu Aji/produsen penyedia bahan baku, penjual sebagian ada di pertokoan Cahaya Bumi Selamat, pembeli Asosiasi serta pembina (Deprindag).

Peserta acara ekspose laporan pendahuluan penyusunan acara masterplan pengembangan Batu Aji

Hasil Dari Studi Pendahuluan tersebut adalah :

1. Jumlah UMKM Batu Aji berdasarkan survey hanya tinggal 6 pengrajin di Martapura. Penurunan disebabkan UMKM mengolah produk lain seperti tasbih dari kayu Fuqaha, beralih profesi lain.
2. Marjin keuntungan menurun karena biaya bahan baku, biaya produksi meningkat (listrik, upah, dll) meningkat sementara harga penjualan tidak bisa ditingkatkan terlalu tinggi.
3. Jumlah penjualan lebih didasarkan pada pesanan saja.

 

Dinas yang diundang dalam forum acara ini adalah :

1.    Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Banjar
2.    Bagian Ekonomi Setda Banjar
3.    Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Banjar
4.    Kepala Bidang Bappeda Kab. Banjar
5.    Pengrajin Batu Aji

Diharapkan dengan diadakannya acara koordinasi ini dapat berjalan lancar serta bermanfaat untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Banjar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: