KABUPATEN BANJAR BENTUK KEPANITIAAN AMPL TAHUN 2013

Martapura (05/04/2013) Dilatarbelakangi oleh adanya surat dari Kementerian Pekerjaan Umum yang mengharuskan untuk dibentuknya kepanitiaan yang berkaitan dengan Program Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Banjar tahun 2013 maka Senin (05/05) BAPPEDA Banjar mengadakan acara rapat dengan agenda pembentukan panitia kemitraan Program Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Banjar tahun 2013  yang dihadiri langsung oleh SEKDA Banjar Ir. Nasrun Syah, MP dan Kepala BAPPEDA banjar H.M. Rusdi, ST, MT

Dalam sambutannya H.M. Rusdi, ST, MT yang sekaligus ketua tim AMPL Kabupaten Banjar mengungkapkan bahwa dalam kepanitiaan PAMSIMAS ada beberapa unsur yang disarankan dimana tugasnya membantu POKJA AMPL, melakukan seleksi dan verifikasi proposal desa, menyusun daftar pendek, melakukan koordinasi dengan DPNU, merekomendasi kebijakan dan menyusun laporan dalam membantu POKJA AMPL dalam membina penyelenggaraan PAMSIMAS.  Sedangkan susunan panitia kemitraan ditentukan dari perwakilan SKPD yaitu BAPPEDA, BPMPD, Dinas PU, PERKIM dan Dinas Kesehatan, perwakilan Asosiasi Pengelola SPAM Pedesaan, perwakilan kelompok masyarakat, praktisi dan  akademisi  dari perguruan tinggi.

Menurut Kepala Bidang Fisik dan Prasarana M. Riza Dauly, ST, SK Menteri Pekerjaan Umum tentang penetapan lokasi PAMSIMAS, BAPPEDA Banjar menerima pada bulan  Maret 2013 dan dukungan dari Kementerian BAPPENAS tentang dukungan POKJA AMPL di seluruh kabupaten/kota di Indonesia pada bulan April 2013.  Salah satu  prosedur yang harus dilaksanakan dalam pelaksanaan PAMSIMAS II adalah pembentukan panitia kemitraan yang diangkat oleh tim koordinasi AMPL kabupaten/kota dimana komposisi  4 orang dari pemerintah daerah dan 5 orang dari non pemerintah daerah.

Berdasarkan hasil kesepakatan rapat susunan panitia kemitraan  dihasilkan sebagai berikut :

Ketua : M. Sadiq, SE (BAPPEDA Kab. Banjar)
Wakil Ketua : Harniah, ST (Dinas PERKIM)
Sekertaris : Erlinda Sari (BPMPD)
Anggota : Hj. Irmawati, SKM (DINKES)
  M. Fahri, S.AP (BP-SPAM)
  Drs. Syahminan (Praktisi)
  Hj. Martasiah (Praktisi)
  Ismail HAR (Pokmas)

Acara ini selain dihadiri  SEKDA Banjar dan Kepala BAPPEDA Banjar juga dihadiri oleh Dinas PERKIM, BPMPD, DINKES, BPS, Bagian Hukum SEKDA Banjar, PPKLH, BPSPAM, PDAM Intan Banjar ,Akademisi dan praktisi, dan perwakilan Kelompok  masyarakat. (TIM ADB/FP)

Leave a Reply

%d bloggers like this: